Air Terjun di Pulau Mursala, Pesonanya bak Serpihan Surga

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 408 2327299 air-terjun-di-pulau-mursala-pesonanya-bak-serpihan-surga-eWD1nmAfTw.jpg Air terjun di Pulau Mursala, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara (Instagram @sadadnst)

INDONESIA punya banyak pulau tak berpenghuni yang indah karena belum terjamah manusia. Salah satunya Pulau Mursala di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Pulau seluas 8.000 hektare ini punya air terjun cantik dan eksotis.

Dikutip dari foto unggahan akun Instagram @sadadnst, Senin (14/12/2020), tampak air terjun dari tebing pulau yang diselimuti pepohonan hijau. Air jatuh ke laut biru kehijauan.

Baca juga:  Mau Glamping Seru di Ciwidey? Ini Pilihan Destinasi yang Pemandangannya Keren Banget

Air terjun ini disebut tingginya mencapai 35 meter. Air mengalir dari sungai dengan panjang 700 meter (terpendek di Indonesia) kemudian mengaliri batuan granit kemerahan di tebing pulau dan langsung meluncur ke Samudera Hindia.

 

Selain air terjunnya, di sekitar Pulau Mursala juga menjadi salah satu tempat konservasi terumbu karang. Jadi, sangat cocok bagi pengunjung yang gemar diving maupun snorkeling.

Pulau Mursala sendiri terletak di antara Kota Sibolga dan Pulau Nias. Di sekelilingnya terdapat beberapa gugusan pulau kecil yang juga tak berpenduduk.

Baca juga: Eksotisnya Pantai Batu Dinding Raksasa di Pulau Bangka

Gugusan pulau itu antara lain Pulau Puti, Pulau Silabu Na Godang, Pulau Kalimantung, Pulau Silabu Na Menek, dan Pulau Jambe. Wisatawan juga bisa mengunjungi laguna yang menyatu antara Pulau Silabu Na Godang dan Pulau Kalimantung.

Pengunjung yang ingin mendatangi Pulau Mursala, harus melalui Kota Sibolga lebih dulu. Dari Medan perjalannya mencapai 350 km atau 8 jam menggunakan angkutan umum (taksi) dengan tarif Rp100 ribu. Taksi di sini bukan mobil sedan berargo, tapi minibus L-300.

Setelah sampai di Kota Sibolga, pengunjung wajib menyewa kapal cepat dari Pantai Pandan dan Pantai Bosur. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa kapal sekitar Rp2,5 juta per 20 orang.

Dalam waktu 1 jam, pengunjung sudah bisa menikmati lanskap Pulau Mursala sekaligus berkeliling ke pulau-pulau kecil di sekitarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini