Jangan Takut Corona, Berikut 5 Tips Traveling Aman dengan Pesawat

Diana Rafikasari, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 549 2327199 jangan-takut-corona-berikut-5-tips-traveling-aman-dengan-pesawat-WRjQDP5PVg.JPG Ilustrasi (Foto: Instagram/@cathaypacificid)

SELAMA pandemi Covid-19, manusia harus mulai terbiasa dengan gaya hidup baru, termasuk saat hendak bepergian atau traveling. Sedini mungkin masyarakat ditanamkan arti penting hidup bersih demi kesehatan dan keselamatan di tengah pandemi.

Protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan mengenakan masker sepatutnya dipatuhi.

Setelah lama berada di rumah, masyarakat tentu jenuh dan ingin bepergian. Namun kekhawatiran justru muncul perihal aspek keamanan alat transportasi yang akan digunakan selama traveling. Salah satu alat transportasi yang digandrungi ialah pesawat. Selain nyaman juga waktu tempuh perjalanan jadi efisien.

Kendati demikian, sebagian orang juga masih khawatir bila berada di kabin pesawat. Misalnya ketika ada seorang penumpang batuk, semua orang menjadi waspada. Begitupun menggunakan kamar kecil jadi terasa menakutkan.

Namun Anda tak perlu khawatir berlebihan. Belum lama ini, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa pesawat bukanlah sarang virus corona baru.

Baca juga: Langgar Karantina 8 Detik, Turis Filipina Kena Denda Puluhan Juta

Departemen Pertahanan Amerika Serikatr mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan sistem ventilasi di pesawat menyaring udara secara efisien dan mengeluarkan partikel yang dapat menularkan virus.

Nah, bila Anda berencana berpergian menggunakan pesawat, berikut tipsnya agar perjalanan Anda terasa nyaman dan aman sebagaimana dilansir dari Houston Methodist, Senin (14/12/2020).

Buat pilihan yang aman

Mengurangi risiko Covid-19 saat terbang dimulai dengan keputusan yang Anda buat saat memesan penerbangan. Seperti halnya menghindari singgah dan memilih tujuan yang relatif dekat, jika perjalanan udara Anda untuk kesenangan atau berlibur.

Sebaiknya Anda juga memeriksa situs atau website maskapai penerbangan untuk informasi tentang langkah-langkah keamanan yang diambil di terminal dan di pesawat terbang.

Pesawat

(Foto: Unsplash)

Memakai masker

Sebagian besar maskapai penerbangan mengharuskan Anda mengenakan masker saat berada di bandara dan di pesawat sekarang. Namun ada pengecualian untuk aturan ini, seperti saat Anda sedang makan atau minum.

Menggunakan masker tidak hanya melindungi Anda dari tertular Covid-19, tetapi juga mencegah menyebarkan virus ke orang lain jika Anda sakit dan tidak mengetahuinya.

Meski Anda mungkin tidak memiliki gejala yang parah, orang lain dalam penerbangan dapat berisiko tinggi mengalami komplikasi parah saat tertular Covid-19.

Bawa hand sanitizer dan hindari menyentuh wajah

Bandara dan pesawat terbang penuh dengan permukaan yang biasa disentuh banyak orang. Maskapai mencoba mengurangi jumlah hal yang perlu disentuh pelanggan, melalui check-in tanpa kontak dan tindakan lainnya. Kebersihan tangan adalah selalu penting.

Tetapi kepentingannya meningkat seiring dengan meningkatnya eksposur Anda pada permukaan yang sering disentuh. Untuk membantu menjaga tangan Anda bebas virus, bawa hand sanitizer dengan setidaknya 60 persen alkohol dan gunakan setelah menyentuh permukaan.

Selain itu, hindari menyentuh wajah. Virus corona baru tidak dapat membuat Anda sakit melalui kulit. Tetapi bisa menyebabkan sakit jika ada partikel virus di tangan dan Anda menyentuh salah satu selaput lendir di wajah, seperti mulut, hidung atau kelopak mata.

Jaga jarak fisik

Jaga jarak baik di pesawat maupun di bandara. Gunakan waktu antara garis keamanan dan naik ke pesawat sebagai peluang terbaik untuk mengurangi risiko pada perjalanan.

Sambil menunggu untuk naik ke pesawat, jaga jarak sejauh 2 meter dengan orang lain sesering mungkin. Termasuk saat duduk di gate yang tidak terlalu ramai hingga sebelum penerbangan.

Pikirkan lagi jika lokasi tujuan tinggi kasus Covid-19

Sebelum bepergian, penting untuk memertimbangkan apakah Covid-19 menyebar dengan mudah di mana Anda tinggal atau di mana Anda bepergian. Jika seperti itu adanya, sebaiknya pikirkan kembali rencana perjalanan Anda.

Di mana ada penyebaran komunitas, ada risiko lebih tinggi terkena Covid-19. Jika virus mudah menyebar di tempat tujuan, Anda bisa jatuh sakit selama perjalanan dan membawa Covid-19 kembali ke orang yang Anda cintai serta menyebarkannya selama perjalanan pulang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini