Viral Pria Nekat Naik ke Sayap Pesawat yang Hendak Lepas Landas

Ersa Ambarita, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 406 2327903 viral-pria-nekat-naik-ke-sayap-pesawat-yang-hendak-lepas-landas-nL27Xyic6J.JPG Seorang pria nekat naik sayap pesawat yang hendak take-off (Foto: KTVN)

SEBUAH video yang menayangkan seorang pria naik ke atas sayap pesawat Alaska Airlines di Bandara Internasional McCarran, Las Vegas, Amerika Serikat viral di media sosial.

Dalam aksinya, pria yang belum diketahui identitasnya itu melepas sepatu dan kaus kakinya. Kemudian ia terus menaiki winglet vertikal pesawat dan mulai bergoyang-goyang di atasnya.

“Tampaknya akan menjadi hal yang menarik terjadi di McCarran hari ini#vegas,” cuit Mick Akers, salah seorang penumpang pesawat yang mengabadikan kejadian.

Menyitir laman KTVN, petugas kepolisian dan pemadam kebakaran kota setempat akhirnya bergerak menuju lokasi. Meraka bersiaga di bawah sayap pesawat sambil memerhatikan gerak-gerik pria tersebut. Namun, ketika petugas semakin dekat ke arahnya, tiba-tiba pria itu terpeleset dan kehilangan cengkeramannya.

Baca juga: Penerbangan Sepi, Masakapai Ini Tawarkan Troli Kabin ke Rumah

Dengan segera petugas pun membantu dan menangkapnya. Pihak berwenang menduga jika pria tersebut memiliki gangguan jiwa yang harus segera diperiksa tim medis.

Sedangkan dalam keterangan resminya, otoritas maskapai baru sebatas menginformasikan garis besar peristiwa. Pihak maskapai belum bisa menjelaskan bagaimana kronologi pria itu bisa sampai lolos hingga menunda keberangkatan pesawat yang hendak tinggal landas.

Baca juga: Perayaan Tahun Baru Dilarang, Berwisata ke Bandung Wajib Sertakan Bukti Rapid Antigen

“Sekitar pukul dua siang (waktu setempat) Alaska Airlines penerbangan 1367 dari Las Vegas ke Portland sedang bersiap untuk lepas landas - ketika pilot melihat seseorang mendekat ke pesawat. Pilot menyadari sesuatu terjadi di sayap pesawat. Pihak berwenang dikirim dan mampu menangkap pria tersebut. Penumpang dan karyawan kami aman dan kami bekerja sama dengan penegak hukum. Pesawat telah kembali ke gerbang untuk pemeriksaan penuh,” demikian pernyataan resmi maskapai penerbangan Alaska Airlines.

Sementara itu, analisis keselamatan penerbangan, John Nance berujar bahwa tindakan yang dilakukan pria itu sangat membingungkan semua pihak karena tujuannya sama sekali belum jelas.

“Pertama-tama, tidak mudah untuk bangun dengan hanya melompat, saya rasa Anda tidak bisa melakukannya. Kedua, apa yang dilakukan seseorang di atas sana saat pesawat bersiap lepas landas benar-benar membingungkan,” kata John.

Insiden tersebut telah membuat pesawat melakukan penundaan jam penerbangan lebih dari empat jam. Hal ini dilakukan demi memastikan keamanan dan pemeriksaan pesawat secara menyeluruh sebelum take-off.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini