Tips Bepergian Aman di Masa COVID-19 ala Dokter Reisa Broto

Diana Rafikasari, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 406 2327942 tips-bepergian-aman-di-masa-covid-19-ala-dokter-reisa-broto-CwLUJ9IEHl.jpg Reisa Broto Asmoro (Instagram @reisabrotoasmoro)

BAGI yang merencanakan bepergian saat pandemi COVID-19 disarankan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Bagi masyarakat yang memutuskan bepergian keluar kota, pemerintah mengingatkan agar memilih moda transportasi yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Seperti pesawat atau kereta api.

"Bagi yang memakai transportasi umum, pastikan jadwalnya sudah dipilih dari jauh hari. Agar dapat menjauhi kerumunan atau bahkan antrian panjang,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Dokter Reisa Broto Asmoro beberapa waktu lalu.

Baca juga:  5 Syarat Membuat Visa untuk Traveling ke Luar Negeri

“Dalam perjalanan wajib memakai masker, hindari makan atau minum, hindari mengobrol panjang di bus atau kereta," ujar model sekaligus presenter ini.

Untuk masyarakat yang bepergian dan harus menginap, maka pilihlah hotel atau akomodasi yang patuh dan disiplin menerapkan sanitasi dan protokol kesehatan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah meminta destinasi wisata untuk menerapkan prinsip CHSE (Cleanliness, Health, Safety dan Environment).

"Yaitu Cleanlines, Health, Safety and Environment sustainability. Atau bersih, sehat dan aman terutama dari ancaman COVID-19 dan jangan lupa tetap ramah lingkungan," jelas Reisa.

Baca juga: Perayaan Tahun Baru Dilarang, Berwisata ke Bandung Wajib Sertakan Bukti Rapid Antigen

Reisa menekankan bahwa berlibur baik untuk kesehatan psikologis. Tetapi, tidak mengurangi tanggung jawab setiap orang untuk melindungi diri dan orang lain dari risiko COVID-19.

"Sikap bertanggung jawab juga baik untuk kesehatan mental, melindungi diri artinya melindungi orang lain juga dan pada akhirnya melindungi Indonesia," tutup Reisa.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini