Menyusuri Gua Terindah di Asia Tenggara, Yuk Ikut!

Jaya Wanda Puspa Bekti, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 07:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 408 2328268 menyusuri-gua-terindah-di-asia-tenggara-yuk-ikut-rrSCpxiHHA.jpg Stalagtit dan stalakmit Goa Gong. (Foto: Instagram pesonawisatagoagong)

JIKA bosan selalu berkunjung ke pantai saat liburan di Pacitan, kali ini berkunjung ke gua mungkin bisa menjadi alternatif lain. Salah satu gua yang bisa dikunjungi saat berwisata ke Pacitan adalah Goa Gong.

Goa Gong diketahui sebagai gua terindah di Asia Tenggara. Tak salah memang jika gua terindah ada di sini, karena Pacitan sendiri memang dijuluki sebagai Kota 1001 Goa.

Daya tarik gua ini terletak pada stalaktit dan stalagmitnya yang memiliki bentuk unik dan berbeda seperti sayur-mayur, sayap burung, sisik ikan, jari tangan dan tirai yang tampak sangat eksotis dan memesona.

Baca Juga: Simbat Wuluhan, Destinasi Wisata Kekinian dengan Beragam Spot Instagenic

gua

Nama gong sendiri diambil dari stalaktit yang berbentuk tirai, ketika stalaktit tersebut dipukul maka suara yang keluar seperti bunyi "gong" yang merupakan alat musik khas Jawa.

"Di dalam gua ini pun terdapat mata air yang dipercaya berkhasiat untuk membuat awet muda yang bernama Air Sendang Kamulyan. Kemudian ada pula Air Sendang Larung Nesto yang dipercaya dapat membuang sial," kata sang pemilik YouTube Sutanjosy Channel.

Jangan khawatir gelap, karena di dalam gua terdapat lampu beraneka warna yang fungsi utamanya untuk menerangi dan mempercantik gua. Namun jika sekitanya kurang terang, pengunjung dapat menyewa senter untuk penerangan tambahan.

Selain itu, Anda juga dapat menyewa pemandu untuk menuntun dan memberikan segala informasi terkain sejarah hingga bentuk-bentuk stalktit dan stalagmit yang sangat unik.

Untuk menelusuri gua dibutuhkan waktu sekitar satu jam. Namun waktu itu tidak akan terasa lama jika sudah melihat keindahanya. Selain untuk objek wisata, gua ini pun bisa dijadikan sebagai sarana edukasi untuk mengenal jenis bebatuan di dalam gua.

Baca Juga: Warna-warni Kebun Bunga di Pantai Samas Yogyakarta

Fasilitas yang tersedia di area Goa Gong cukup memadai. Terdapat toilet, musholla, parkiran yang luas, kedai makanan dan jasa pemandu.

Lokasinya berada di Jalan Salam, Bomo, Punung, Pacitan, Jawa Timur. Jam operasionalnya mulai dari pukul 07.00-16.00 WIB. Harga tiket masuk yang dibanderol mulai dari Rp5.000 untuk anak-anak dan Rp15 ribu untuk dewasa

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini