Share

Viral Negeri Atas Awan di Kalsel, Internet Friendly Loh

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 00:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 408 2328310 viral-negeri-atas-awas-di-kalsel-internet-friendly-loh-maaIPiBnGB.jpg Senja di Bukit Balawanai. (Foto: Instagram bukitbalawanai)

BUKIT Balawanai viral di media sosial dan menjadi perbincangan netizen. Objek wisata ini pun disebut-sebut sebagai Negeri di Atas Awan yang dikunjungi wisatawan setiap hari.

Terletak di wilayah Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Bukit Balawanai, sensasi keindahan awan saat pagi memberikan daya tarik tersendiri. Selain itu, jarak tempuh menuju bukit pun tidak begitu jauh. Bisa juga dikatakan cukup bersahabat terhadap fisik.

Bukit Balawanai, tepatnya berada di Desa Hauwai, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalsel. Bukit ini masih berada di wilayah pegunungan kampung setempat. Sebagian lahannya pun merupakan milik warga.

Wakil Pokdarwis Desa Hauwai Ahmad Gajali mengatakan, sederet upaya promosi dan peningkatan objek wisata alam Bukit Balawanai sudah dilakukan. Pada 2020, akses menuju Bukit Balawanai juga semakin dipermudah.

Baca Juga: Liburan Akhir Tahun, Yuk Jelajahi 5 Air Terjun Indah di Bantul

balawanai

"Tim Pokdarwis Desa Hauwai mulai menyediakan jalur terdekat dan membuat anak tangga alami menuju ke puncak bukit," katanya lewat keterangan resminya.

Ada juga pembangunan gazebo dan pembuatan toilet agar mempemudah pengunjung yang menginap. Koneksi internet pun diperkuat agar wisatawan makin betah.

"Koneksi internet di sini sangat lancar bahkan sampai 4G. Jadi tidak perlu khawatir kehilangan akses komunikasi sambungan internet saat berwisata alam di puncak," tambahnya.

Ahmad menambahkan, saat berkunjung ke Bukit Balawanai sebaiknya di waktu pagi, senja, dan malam hari. Pagi hari tepatnya setelah hujan menjelang subuh.

Pagi harinya, pengunjung dapat menikmati Negeri di Atas Awan karena suasana sekitar ditutupi kabut. Bahkan jika ingin puas, wisatawan disarankan menginap.

"Karena hanya bisa ditemukan pada waktu pagi. Hanya saja tak semua wisatawan bisa beruntung, karena tak jarang kondisi alam pada pagi hari malah ada kabut," terangnya.

Lalu untuk sore hari, wisatawan disarankan naik ke Bukit Balawanai sekira pukul 17.00 WITA. Anda bisa menikmati senja yang indah.

Baca Juga: Asyiknya Kiwil dan Istri Muda Bulan Madu di Gili Trawangan, Dunia Serasa Milik Berdua

"Kemudian malamnya dapat melihat cahaya bulan dan bintang serta lampu-lampu wilayah perkotaan dan paling menjadi daya tarik adalah pagi, karena seolah menjadi negeri di atas awan," ucapnya.

Untuk menempuh ke puncak bukit ini, ada jalan setapak yang bisa dilewati kendaraan roda dua. Hanya saja memang tidak disediakan jalan ke puncak, melainkan ada tempat parkir khusus.

Dari tempat parkir tersebut, wisatawan akan mendaki sekitar 20 menit untuk jangka waktu pendakian normal. Selain itu, saat menuju Bukit Balawanai, disarankan pula memiliki kemampuan berkendara yang mumpuni.

Karena jalan yang dilintasi, selain hanya setapak, namun juga area pegunungan dan masih didapati jurang pada sisi jalan. Hanya sebagian jalan di awal masuk menuju bukit yang menggunakan jalan cor, yakni JUT.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini