5 Kuliner Ndeso Dekat Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo

Chotimah, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 301 2328550 5-kuliner-ndeso-dekat-bandara-internasional-yogyakarta-kulon-progo-sV12NAVOGy.jpg Ilustrasi cenil. (Foto: Instagram dhiahoddie)

ADA banyak kuliner yang harus Anda kunjungi ketika tiba di Kulon Progo, dekat Bandara Internasional Yogyakarta. Apa saja ya?

Selain terkenal dengan wisata Kalibiru, Kulon Progo merupakan wilayah yang terkenal dengan banyak kuliner ndeso yang khas. Anda wajib mencicipi saat berkunjung ke sana.

Dilansir dari laman Instagram @eksplorekulonprogo, berikut 5 makanan khas Kulon Progo yang akan membawa Anda untuk bernostalgia.

Growol

 growol

Jika berada di Kulon Progo, tak ada salahnya untuk mencicipi makanan satu ini. Growol adalah makanan yang sejak dulu sudah ada hingga saat ini, Anda akan mudah menjumpai di pasar tradisional. Makanan khas ini terbuat dari olahan singkong yang lalu dibentuk sesuai selera.

Warga sekitar biasa menjadikan growol sebagai pengganti nasi dengan pelengkap seperti serundeng atau tempe benguk. Pengolahan pada makanan satu ini akan menghasilkan tekstur yang empuk dan sedikit rasa gurih. Growol akan membawa Anda untuk bernostalgia.

Baca Juga: Rumah Karantina Solo Technopark untuk Pemudik Mulai Beroperasi 19 Desember

Geblek

Namanya memang terdengar aneh, namun siapa sangka makanan ini populer sebagai jajanan tradisional di Kulon Progo. Geblek terbuat dari tepung kanji dan tapioka dengan bumbu bawang yang digoreng. Bentuknya bulat berwarna putih bersih menghasilkan tekstur yang renyah dan sedikit gurih.

Aroma makanan khas ini menggugah selera karena adanya campuran bumbu bawang pada adonanya. Biasanya disantap menggunakan tempe bacem. Makanan satu ini paling nikmat dimakan saat masih hangat.

 

Besengek

 besengek

Saatnya Anda bernostalgia kembali dengan makanan khas ini. Besengek atau tempe benguk terbuat dari olahan biji kacang koro yang dibumbui dengan parutan kelapa dan pewarna kunyit. Tak perlu ragu soal penampilannya. Sebab, rasa dari besengek ini sangat khas, gurihnya berbeda dari tempe kedelai.

Dahulu biasa digunakan sebagai lauk nasi tiwel dengan tambahan sambal bawang. Namun, ada juga yang memakan tempe benguk bersama geblek atau growol. Besengek biasa disajikan dengan bungkus daun jati dan Anda bisa menjumpai di pasar tradisional.

"Menurut aku rasanya enak, ada yang manis dan gurih. Tapi, untuk teksturnya sedikit empuk bahkan ada yang masih atos," kata Nisa, salah satu warga Kulon Progo kepada Okezone, baru-baru ini.

Baca Juga: Menyusuri Gua Terindah di Asia Tenggara, Yuk Ikut!

Gula semut

Perpaduan nama antara gula dan semut pasti sudah identik dengan rasa manis. Gula semut atau aren ini berbahan dasar nira kelapa yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Makanan khas ini hampir mirip dengan gula jawa, hanya saja bentuk seperti gula pasir atau bubuk.

Daerah di Kulonprogo sudah banyak yang memproduksi gula semut ini antara lain CV Menoreh Politan dan KSU Jatirogo. Biasanya tersaji dalam bentuk minuman yang menghasilkan aroma rempah-rempah.

Cenil

 cenil

Cenil bisa Anda dapati di pasar-pasar tradisional terdekat. Bentuknya bulat atau lonjong kecil-kecil ini menghasilkan tekstur kenyal dan empuk. Cita rasanya pun dapat menggoyangkan lidah dengan perpaduan manis gula serta gurih kelapa. Cenil biasa disebut warga sekitar jajanan tradisional yang terbuat dari sari pati ketela pohon. Jadi, bagi pecinta manis jangan sampe terlewat untuk mencicipi makanan khas Kulunprogo.

"Teksturnya itu lho kenyal-kenyal gitu. Rasa cenil juga manis, tapi ada yang enggak manis juga serta ditaburi parutan kelapa muda jadi lebih gurih," ucap Ilham, salah satu warga Kulon Progo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini