Kenali Beda Scuba Diving, Snorkeling dan Liveaboard

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 406 2328526 kenali-beda-scuba-diving-snorkeling-dan-liveaboard-GEP9nT7Xoz.jpg Ilustrasi. (Foto: Blupblup)

MENIKMATI alam bawah laut menjadi impian wisatawan saat liburan ke pulau. Anda bisa melakukan scuba diving, snorkeling dan juga liveabroad yang menjadi kenangan tersendiri.

Lalu apa sih perbedaan dari scuba diving, snorkeling dan juga liveabroad? Bukan hal yang mudah untuk menikmati masing-masing kegiatan, karena beberapa ada syarat khusus.

Seperti scuba diving yang boleh dilakukan oleh ahlinya, karena kegiatan ini tidak sama dengan sekadar berenang di lautan. Ya, sebelum mencoba scuba diving, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Chief Executive Officer Blublub Bagas Agung Satria menjelaskan, scuba diving memerlukan keahlian khusus karena kondisi lautan berbeda dengan daratan. Anda harus memiliki lisensi menyelam dengan mengikuti program sertifikasi.

Baca Juga: Danau Trinsing Mulai Bersolek Sambut Libur Akhir Tahun

"Scuba diving memang tidak bisa dilakukan sembarangan, karena memang diharuskan mengantongi sertifikat menyelam terlebih dahulu untuk keselamatan para diver," katanya lewat keterangan resminya, Rabu (16/12/2020).

 divin

Selain scuba diving, kata Bagas, ada berbagi tujuan wisata laut lainnya yang digemari traveler. Tidak lain adalah snorkeling dan liveaboard.

Bagas menambaghkan, snorkeling diperbolehkan bagi wisatawan yang tidak memiliki sertifikat menyelam, sehingga bisa tetap menikmati keindahan wisata laut. Saat snorkeling, wisatawan hanya menggunakan peralatan mask, snorkel dan kaki katak.

 

Sementara liveaboard cocok untuk Anda yang ingin menyelam, juga sembari bersantai di kapal. Kegiatan ini banyak ditawarkan di Labuan Bajo yang belakangan sedang hits.

Di Labuan Bajo wisatawan bisa bermalam di kapal phinisi menikmati indahnya pemandangan laut. Kemudian jika ada spot diving atau snorkeling, wisatawan dipersilahkan turun ke dalam laut.

Fasilitasnya pun memadai, seperti ada kamar tidur yang nyaman miip di hotel bintang lima juga beberapa fasilitas lain. Sekali mencoba, dijamin Anda terbayang-bayang akan keseruannya.

Baca Juga: Liburan Cinta Laura di Dubai, Main ke Pulau Buatan

Bagas mengungkapkan, di Indonesia ada banyak tujuan wisata laut yang disukai sejak dulu. Baik itu dari kalangan wisatawan mancanegara ataupun wisatawan domestik.

Misalnya Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggaara Timur, Papua Barat, dan masih banyak lainnya. Meski begitu, setidaknya Anda merasakan pengalaman wisata laut baik itu scuba diving, snorkeling atau kegiatan lainnya.

"Berbagai lokasi di Indonesia yang memiliki kecantikan alam dibawah laut ini, sudah tentu harus menjadi tujuan liburan Anda," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini