Share

Wisata Air Pancar Wonotirto, Destinasi Alternatif Liburan Keluarga

Chotimah, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 408 2328702 wisata-air-pancar-wonotirto-destinasi-alternatif-liburan-keluarga-YkTs3gHUSX.JPG Objek wisata air Pancar Wonotirto di Kediri, Jawa Timur (Foto: Instagram/@rin.nik1865)

BERLIBUR bersama keluarga tak melulu soal wisata alam. Anda bisa datang ke salah satu wisata air di Kediri, Jawa Timur yakni Pancar Wonotirto yang kini menjadi buruan para orangtua. Sebab, tempat ini menawarkan kegiatan seru yang sangat ramah anak.

Pancar Wonotirto merupakan sungai dangkal yang disulap menjadi sebuah tempat rekreasi. pengunjung yang datang bisa langsung bermain air di sekitar kawasan tersebut, tak perlu khawatir soal si kecil karena aliran airnya terbilang cukup tenang. Namun, tetap harus waspada karena banyak sekali bebatuan di dasar sungai.

Melansir laman Instagram @pancarwonotirto, asal mula Pancar Wonotirto sendiri ialah sungai biasa.

Baca juga: Asyik! Wisatawan Bisa Keliling Pesisir Kota Semarang Naik Bus Amfibi Tahun Depan

Namun, berkat ide kreatif semua unsur lembaga desa yang dibantu oleh Kepala Desa Gayam, maka hadirlah Pancar Wonotirto di area pedesaan. Harapanya dengan ada wisata ini dapat meningkatkan perekonomian warga desa setempat.

Berbagai macam spot foto instagenic, antara lain ornamen becak di tengah air, jembatan bambu dan yang menjadi favorit kaum milenial yakni berswafoto dengan lanskap hiasan payung warna-warni.

Suasana asri dan teduh menambah kesan eksotis, karena adanya deretan pohon bambu mengelilingi objek wisata ini.

Adapun fasilitas yang disiapkan untuk pengunjung yaitu taman anak-anak, gazebo, lahan parkir serta Anda dapat kulineran khas Kediri sembari menikmati pemandangan alam sekitar.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengajak sang buah hati untuk melakukan aktivitas seru seperti mini trail, menunggang kuda dengan mengitari tempat wisata dan memancing di kolam ikan.

“Walaupun cuman berenang di kali tapi senengnya enggak karuan. Namanya juga anak kecil, ngeliat air langsung senang," tulis akun Instagram @rin.nik1865.

Wisata air ini berada di Dusun Wonokasian, Desa Ganyam, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Anda hanya perlu menempuh waktu sekitar 30 menit dari Kota Kediri dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Memasuki kawasan Pancar Wonotirto tidak dipungut biaya alias gratis. Anda hanya perlu membayar retribusi parkir sebesar Rp5.000.

Jam operasional objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-23.00 WIB. Itu artinya, Anda dapat berkunjung saat malam hari serta melihat gemerlap cahaya lampu yang menghiasi wisata air Pancar Wonotirto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini