Yuk, Berwisata Sambil Membatik di Sanggar Canting Buana

Chotimah, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 04:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 408 2328775 yuk-berwisata-sambil-membatik-di-sanggar-canting-buana-DepbARukDT.jpg Anak belajar membatik di Sanggar Batik Canting Buana, Padang Panjang (MNCTV)

PANDEMI COVID-19 membuat banyak orang merasa bosan saat di rumah saja, terutama buat anak. Untuk mengatasi kejenuhan, banyak cara bisa dilakukan orang tua, salah satunya mengajak sang buah hati belajar membatik di Sanggar Batik Canting Buana.

Sanggar ini berlokasi di Jalan Bandes, RT 10, Nomor 69, Padang Panjang, Sumatera Barat.

Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang hanya untuk sekadar melihat keindahan motif batik atau ikut serta belajar membatik. Pengelola sanggar menerima pengunjung dari semua kalangan, termasuk anak-anak.

Baca juga: Menyusuri Gua Terindah di Asia Tenggara, Yuk Ikut!

Dunia anak adalah bermain dan belajar, dengan membawa ke Sanggar Batik Canting Buana ini bisa membuat mereka antusias dalam melakukan kegiatan edukasi tersebut. Selain itu, buah hati dapat menuangkan kreasi masing-masing di atas kain.

Adapun pola yang dibuat juga sesuai dengan selera atau keinginan anak. Kegiatan ini menjadi solusi kejenuhan si kecil selama masa pandemi dan juga melatih kesabaran, ketelitian, kreativitas hingga disiplin waktu.

Berbagai macam produk batik yang bisa Anda lihat antara lain tulis, ekoprint dan cap. Pengunjung dapat membeli berbagai macam ukiran dengan sistem pemesanan melalui situs resmi mereka. Tak perlu khawatir, Anda akan langsung terpikat akan kecantikan corak tersebut.

Seperti diketahui, batik memang sudah menjadi ikon yang harus dilestarikan bagi semua orang. Pengenalan batik sejak usia dini juga dapat menumbuhkan rasa cinta hingga kepedulian terhadap warisan budaya bangsa.

Baca juga: 4 Destinasi Wisata Menyepi dari Kerumunan untuk Liburan Masa COVID-19

Maka, pengelola berinisiatif membangun sanggar sebagai tempat edukasi yang baik untuk berbagai kalangan. Sebab, tak hanya warga lokal yang tahu batik tetapi wisatawan mancanegara pun bisa kenal dengan budaya Indonesia.

“Jadi, kita terapkan ke anak-anak agar pada usia dini sudah mengenal batik. Dalam masa pandemi sekarang malah banyak dari mereka yang antusias datang ke sini karena mungkin pengunjung juga melakukannya dengan perasaan bahagia, “ kata Widiyanti, pemilik Sanggar Batik Canting Buana dikutip dari channel Youtube Lintas Inews, Kamis (17/12/2020).

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini