Pendakian Gunung Raung Banyuwangi Kembali Dibuka Pekan Depan

Ersa Ambarita, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 406 2329126 pendakian-gunung-raung-banyuwangi-kembali-dibuka-pekan-depan-ehjOdvSzRb.JPG Gunung Raung (Foto: Instagram/@mt.raung3344mdpl)

SETELAH lebih dari lima bulan ditutup, jalur pendakian Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur, kembali dibuka pekan depan, tepatnya Jumat, 25 Desember 2020. Pemberitahuan ini secara resmi disampaikan melalui akun Instagram @mt.raung33mdpl.

“Selamat pagi sobat #meraung. Alhamdulillah kabar baik untuk kita semua. Tertanggal mulai Jumat, 25 Desember 2020 Mt.Raung 3344MDPL via Kalibaru resmi DIBUKA. Proses pendakian tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah,” bunyi keterangan foto yang diunggah pada Rabu, 16 Desember 2020.

Sejumlah aturan yang wajib dipatuhi terkait pendakian Gunung Raung yakni:

- Setiap pendaki wajib menggunakan pemandu yang minimal sudah melakukan pendakian di Mt.Raung sebanyak tiga kali. Hal ini berlaku bagi pendaki pemula maupun pendaki lama

- Melakukan registrasi di Sekretariat Pendakian Mt.Raung dengan lampiran form yang telah disetujui

Baca juga: Menilik 4 Karakteristik Gunung di Indonesia dan Hal yang Harus Diantisipasi

- Setiap pendaki wajib menyerahkan fotokopi identitas diri yang asli

- Wajib melampirkan surat keterangan sehat atau surat hasil rapid test

- Usia minimal pendaki adalah 10 tahun, dan maksimal 60 tahun. Sedangkan pendaki yang berusia 10 hingga 15 tahun wajib menyertakan surat izin yang ditandatangani orangtua

- Para pendaki wajib memastikan alat dan logistik sesuai standar yang ditentukan

- Rombongan pendaki wajib mengikuti briefing tambahan di sekretariat petugas

- Batas maksimal pendakian adalah 3 hari dan 2 malam

- Penerapan protokol kesehatan sesuai instruksi yang disampaikan di dokumen yang diunggah

“Silakan dipahami untuk persyaratan pendakian Mt.Raung via Kalibaru selama dalam situasi new normal. Terima kasih, tetap jaga kesehatan dan salam lestari,” imbaunya.

Sebelumnya, Gunung Raung ditutup karena peningkatan status dari normal menjadi waspada. Penutupan dilakukan sebagai langkah antisipasi keselamatan para pendaki.

Namun, seiring membaiknya kondisi pendakian membuat pihak pengelola Gunung Raung memutuskan kembali membuka jalur pendakian. Keputusan ini juga telah dikoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini