Regulasi Liburan ke Bali Diperketat, Gubernur Koster: Langgar Prokes Akan Disanksi

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 406 2329259 regulasi-liburan-ke-bali-diperketat-gubernur-koster-langgar-prokes-akan-disanksi-srDRyRQrKj.jpg Gubernur Bali Wayan Koster. (Foto: Instagram @kostergubernurbali)

ATURAN berlibur ke Bali semakin diperketat. Wisatawan tak hanya menunjukkan surat hasil swab negatif Covid-19 H-2, namun juga wajib mematuhi protokol kesehatan.

Gubernur Bali Wayan Koster mengeluarkan Peraturan Gubernur Bali Nomor 46 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru. Kemudian ada Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 3355 Tahun 2020 tentang Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru.

Wayan Koster menegaskan, wisatawan, pelaku usaha hingga penyelenggara acara pesta Natal dan Tahun Baru 2021 wajib mematuhi protokol kesehatan. Jika tidak patuh, gubernur Bali akan memberikan sanksi.

Baca Juga: Gubernur Bali Larang Pesta Kembang Api dan Miras saat Malam Tahun Baru 2021

bali

"Setiap orang, pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum yang melaksanakan aktivitas selama Libur Hari Raya Natal dan menyambut Tahun Baru 2021 wajib melaksanakan protokol kesehatan. Jika melanggar dikenakan sanksi sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali Nomor 46 Tahun 2020 dan Peraturan Perundang-undangan lainnya," ujarnya lewat keterangan resminya.

Protokol kesehatan, kata Wayan Koster, mewajibkan siapapun memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir atau dengan hand sanitizer. Lalu membatasi interaksi fisik dan selalu menjaga jarak, tidak boleh berkerumun dan membatasi aktivitas di tempat umum/keramaian.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama meninjau kesiapan Bali dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru akhir pekan lalu. Wishnutama keliling Bali ditemani oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Luar Negeri retno Marsudi dan Wayan Koster.

"Libur akhir tahun sebentar lagi. Persiapan terus dilakukan. Jumat lalu, saya bersama Pak Menhub @budikaryas dan Gubernur Bali Pak @kostergubernurbali meninjau pelaksanaan protokol kesehatan di beberapa tempat wisata dan Airport Ngurah Rai @baliairport," katanya di laman Instagram @wishnutama.

Baca Juga: Ada Syarat Wajib Uji Swab Sebelum ke Bali, Ini Dampaknya pada Pariwisata 

Saya sangat berterima kasih atas keseriusan para pelaku pariwisata di Bali dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal yg sama juga diutarakan oleh UNWTO," lanjutnya.

Wishnutama pun meminta agar semua wisatawan yang berlibur ke Bali atau destinasi lainnya tidak lupa dengan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability).

"Saya ingin mengingatkan lagi pada semua, syarat bangkitnya sektor pariwisata adalah disiplin melaksanakan protokol kesehatan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini