Cara Gunakan Toilet Pesawat yang Benar ala Pramugari

Jaya Wanda Puspa Bekti, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 03:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 406 2329537 cara-gunakan-toilet-pesawat-yang-benar-ala-pramugari-lhoWnGGI9T.jpg Toilet pesawat (Wikicommons)

PESAWAT penumpang dilengkapi dengan lavatory atau ruangan toilet plus westafel alias tempat cuci tangan. Bagi penumpang wajib tahu cara serta etika menggunakan toilet selama penerbangan. Pramugari, Sisi Asih membagikan tata cara yang baik menggunakan toilet pesawat.

Sisi Asih yang perupakan pramugari maskapai asal Indonesia membagikan tata cara penggunaan lavatory pesawat melalui akun Tiktok @sisi.asih seperti dikutip Okezone, Kamis (17/12/2020).

Penggunaan toilet pesawat tentu saja wajib memperhatikan kebersihan, karena ruangan ini digunakan oleh banyak orang.

Kemudian harus hemat air, karena selama di udara stok air terbatas. Perlu juga diingat bahwa toilet bisa digunakan ketika pesawat sudah terbang dengan stabil.

Baca juga:  Perempuan Ini Bocorkan Kenapa Pramugari Terlihat Cantik

Berikut tata cara penggunaan toilet pesawat yang baik dan benar :

1. Lampu otomatis saat menutup pintu

Pintu lavatory dibuka dengan cara didorong. Kemudian tutup kembali pintu lalu kuncilah. Ketiga sudah terkunci, lampu akan omotatis menyala. "Kalau enggak dikunci lampu lavatory akan stay gelap," ujar Sisi Asih dalam video singkat di aplikasinya TikToknya.

 

2. Cara menggunakan westafel

Westafel di pesawat biasanya mengeluarkan air dingan dan hangat. Tapi, ini bukan untuk diminum. Tekan keran agar airnya keluar. Jika ingin air hangat, putar keran ke warna merah lalu tekan. Sebaliknya jika digeser ke biru, air yang keluar dingin.

Baca juga:  Pramugari Tetap Diminta Bekerja Meski Rekannya Positif Corona

Ada juga westafel menggunakan keran sensor yang tak perlu ditekan, tapi cukup letakan saja tangan di bawah kucuran air dan airnya akan keluar.

Silakan gunakan air secukupnya saja.

3. Bersihkan lavatory sehabis digunakan

Westafel pesawat memiliki flash untuk membuang air. Usai digunakan westafel, silakan tekan tombol fluh untuk membuang air agar tak tergenang, sehingga nyaman digunakan oleh orang lain.

Begitupun juga untuk closet duduk, setelah buang air jangan lupa tekan tombol flush agar air kotornya terbuang. Jangan buang tisu atau sampah ke closet.

Biasanya dalam toilet ada tombol yang bisa mengeluarkan pewangi. Silakan tekan setelah gunakan toilet, sehingga lavatorynya tidak bau.

4. Papan ganti popok bayi

Di dalam lavatory, ada juga papan portabel yang bisa digunakan untuk mengganti popok bayi. Papan tersebut biasa diletalan di atas atau di samping closet. Tinggal dibuka dan silakan gunakan dengan baik. Tapi ingat, buanglah popok pada tempat sampah, jangan ke closet.

5. Tombol bantuan 

Jika terkunci di dalam toilet atau terjadi hal terburuk, segera pencet tombol darurat berwarna merah dan awak kabin akan segera membantu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini