Menparekraf Harap PHRI dan Maskapai Sinergi Pulihkan Pariwisata Domestik

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 406 2330037 menparekraf-harap-phri-dan-maskapai-sinergi-pulihkan-pariwisata-domestik-JCQeLY0ngC.jpg Menparekraf Wishnutama (Foto: Humas Kemenparekraf)

KERJA sama antara Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan maskapai kini menjadi inisiatif dan inovasi dari industri sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal ini perlu dilakukan agar pariwisata bisa bangkit kembali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio pun mengapresiasi kerja sama PHRI dan AirAsia Indonesia, dalam menghadirkan bundling package hotel dan tiket pesawat.

Baca Juga: Aturan Liburan ke Bali Dilonggarkan, Swab PCR Berlaku Maksimal H-7 Keberangkatan

phri

"Kita tahu pandemi ini memberikan dampak yang besar, namun kita harus hadapi bersama. Kerja sama ini saya harapkan dapat diimplementasikan dengan penerapan protokol kesehatan yang sebaik-baiknya dan Kemenparekraf akan terus memberikan dukungan kepada industri dalam menghadirkan inovasi-inovasi lainnya," kata Wishnutama lewat keterangan resminya.

Upaya ini, kata Wishnutama, dapat meningkatkan pergerakan wisatawan domestik, melalui bundling package hotel dan tiket pesawat. Paket wisata ini akan didistribusikan melalui jejaring bisnis masing-masing, agar dapat diakses oleh masyarakat yang ingin kembali bepergian di Indonesia.

Paket ini rencana akan direalisasikan dan dapat diakses mulai kuartal I tahun 2021, yang mana periode ini dianggap low season.

 

Wishnutama mengungkapkan, meski sektor pariwisata kini sangat terdampak, ke depan bisa menjadi tulung punggung perekonomian Indonesia. Wishnutama juga optimis hal ini bisa terjadi.

Saat ini, kata Wishnutama, wisatawan nusantara memegang peranan penting karena industri penerbangan di Indonesia, tepatnya 80 persen ditopang dari market domestik. Terlebih tahun lalu terdapat 7 juta wisatawan Indonesia yang pergi ke luar negeri dengan jumlah pengeluaran yang cukup besar di luar negeri.

Baca Juga: Lombok Pilihan Favorit Warga Lokal untuk Staycation, Aman dan Menyenangkan!

"Ini opportunity yang sebenarnya belum digali. Oleh karena itu, sementara border belum dibuka, kita fokuskan pada wisatawan nusantara. Begitu juga kedepan, saya ingin mengingatkan teman-teman di aviasi, strategi ke depan untuk inbound bukan outbound," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini