5 Tips Traveling Aman di Masa Pandemi Covid-19 ala Trinity

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 406 2330381 5-tips-traveling-aman-di-masa-pandemi-covid-19-ala-trinity-ouqqQ9yYwA.jpg Ilustrasi traveler (Freepik)

DIPERLUKAN kesiapan matang bila ingin traveling di masa pandemi Covid-19. Ini sangat penting untuk memastikan kesehatan Anda selama perjalanan berlangsung, begitupun saat kembali ke rumah.

Lalu seperti apakah persiapan yang harus dilakukan?

Baca juga: Cara Gunakan Toilet Pesawat yang Benar ala Pramugari

Penulis sekaligus traveler, Trinity secara blak-blakan membagikan 5 tips traveling aman di masa pandemi Covid-19. Berikut ulasannya.

Bijak memilih destinasi

Sebelum memutuskan untuk traveling ke suatu tempat. Trinity menyarankan travelers melalukan riset seputar destinasi yang hendak disambangi terlebih dahulu.

"Cari informasi sebanyak-banyaknya. Kira-kira tempat yang akan dituju bagaimana penerapan protokol kesehatannya? Apakah di sana ramai? Kalau terjadi keadaan darurat bagaimana? Apakah mereka sudah siap? Kira-kira dicover asuransi atau tidak?," ujar Trinity dalam IG Live bersama Okezone.com dan Sindonews.com bertajuk ‘Panduan Memilih Tempat Wisata di Tengah Pandemi Covid-19’, Jumat (17/12/2020).

ilustrasi

Selalu bawa persedian masker dan hand sanitizer cadangan

Dalam kondisi seperti saat ini, Trinity mengatakan tindakan pencegahan yang dapat dilakukan secara maksimal adalah dimulai dari diri sendiri. Khususnya dalam pelaksanaan protokol kesehatan. Ia mengimbau agar traveler selalu membawa persediaan masker dan hand sanitizer yang cukup. Bahkan, kalau perlu bawalah persediaan yang cukup banyak untuk cadangan.

"Sudah tidak bisa mengharapkan orang lain. Kalau memang harus melakukan perjalanan sebaiknya selalu bawa masker, hand sanitizer, dan selalu menjaga protokol kesehatan. Setidaknya untuk diri sendiri," kata Trinity.

 

Pilih kegiatan luar ruangan (outdoor)

Saat berada di destinasi wisata, Trinity mengaku lebih senang melakukan kegiatan luar ruangan alias outdoor. Ini setidaknya dapat meminimalisir risiko penularan karena siklus udara berjalan lancar dibandingkan di dalam ruang.

 Baca juga: Terungkap, Ini Hal-Hal Paling Ditakuti Pilot saat Berada di Kokpit Pesawat

"Waktu saya ke Turki, September lalu, saya lebih banyak mengunjungi tempat-tempat outdoor. Bahkan, saat makan pun memilih restoran yang outdoor juga," ungkapnya.

Selalu jaga imunitas tubuh

Traveling adalah kegiatan yang cukup menguras tenaga, karena Anda akan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Karena itu, sangat penting untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuh agar imunitas tidak menurun.

"Caranya ya dengan mengonsumsi makanan sehar dan olahraga teratur. Sekarangkan sudah banyak olahraga online, tinggal buka YouTube saja. Intinya jangan sampai sakit saat traveling," kata penulis serial buku berjudul The Naked Traveler itu.

Datang di hari biasa 

Bagi Okezoners yang berencana liburan di dalam negeri, Trinity menyarankan untuk menghindari akhir pekan. Lebih baik datang di hari biasa karena pengunjung cenderung tidak padat.

 ilustrasi

"Ini juga berlaku untuk wisata outdoor atau alam ya. Karena kebiasaan masyarakat kita kan datangnya rombongan. Se-outdoornya suatu tempat pasti bakal rame juga. Kalau aku biasanya datang di hari biasa, karena weekend ramenya minta ampun," tegas Trinity.

"Karena ketika kita ke alam, kita maunya kan tidak pakai masker. Jadi carilah hari yang sepi, jam yang sepi, dan pergilah dengan orang yang serumah saja biar lebih aman," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini