Wisata Belanja di Korea, 5 Pasar Ini Pas Buat Penyuka Barang Antik

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Sabtu 19 Desember 2020 01:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 408 2330223 wisata-belanja-di-korea-5-pasar-ini-pas-buat-penyuka-barang-antik-GVm7YuxUDU.jpg Pasar Hwanghak dong Flea Market di Seoul, Korea Selatan (visitkorea.or.kr)

KOREA Selatan jadi salah satu destinasi wisata belanja incaran masyarakat dunia. Ada begitu banyak pusat perbelanjaan di Negeri Gingseng yang buka sampai dini hari. Bukan hanya barang kekinian, tapi Anda juga bisa berburu barang antik.

Pasar loak dan pasar bebas adalah tempat yang tepat untuk mencari barang unik di Korea. Pasar loak menjual barang bekas dan barang antik, sedangkan pasar bebas menawarkan produk buatan tangan.

Anda bisa menjumpai pasar-pasar tersebut di seluruh Seoul, misalnya di sekitar distrik wisata populer seperti Hongdae, Jongno-gu, dan Gangnam.

Baca juga:  Termasuk Lokasi Syuting Drakor, Ini 5 Tempat Wisata Gratis di Seoul

Melansir Visit Korea, Jumat (18/12/2020), berikut beberapa pasar loak dan pasar bebas di Korea Selatan yang cocok untuk belanja barang-barang unik :

1. Pasar Loak Hwanghak-dong & Pasar Loak Dongmyo

Pasar Loak Hwanghak-dong terletak di sepanjang Sungai Cheonggyecheon, tepatnya di lingkungan Hwanghak-dong, Jung-gu, Seoul, Korea Selatan.

Pasar ini secara khusus menjual barang-barang bekas. Terdapat jalanan antik, toko alat elektronik, toko mesin, dan kios pinggir jalan yang menjual buku dan video lama.

Baca juga: Cara Gunakan Toilet Pesawat yang Benar ala Pramugari

Dikenal juga sebagai Pasar Manmul yang artinya segala sesuatu, sebab barang yang dijual sangat beragam dan terbilang lengkap. Selain itu juga dijuluki sebagai Pasar Dokkaebi atau Goblin, dikarenakan interior toko yang gelap tampak seperti tempat tinggal para goblin.

Selain itu ada Pasar Loak Dongmyo yang cocok banget bagi Anda penggemar mode vintage. Pasar ini terletak di Nangye-ro, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan.

Anda dapat menjangkaunya dengan jalan kaki sekitar tiga menit dari Stasiun Dongmyo Exit 3. Beroperasi mulai pukul 09.00 hingga 18.00 waktu setempat.

2. Pasar Loak Rakyat Seoul

The Seoul Folk Flea Market atau Pasar Loak Rakyat Seoul dibentuk oleh sekelompok pedagang Pasar Loak Hwanghak-dong yang harus pindah karena restorasi Sungai Cheonggyecheon.

Pasar ini menjual produk khusus dari berbagai daerah di Korea. Produk yang ditawarkan berupa barang sehari-hari, suvenir dan barang-barang rakyat yang menjelaskan gaya hidup masa lalu orang Korea.

ilustrasi

Seoul Folk Flea Market (visitkorea.or.kr)

Setiap lantai pasar memiliki tema yang berbeda misalnya, menjual bermacam-macam barang, pakaian, barang antik dan kerajinan, makanan khas setempat, suvenir, dan banyak lagi. Selain berbelanja, Anda pun bisa kulineran menikmati bermacam jajanan dan makanan tradisional Korea dengan harga terjangkau.

Berlokasi di Cheonho-daero 4-gil, Dongdaemun-gu, Seoul. Pasar buka pada pukul 10.00-19.00 waktu setempat sedangkan untuk restoran buka hingga pukul 22.00 KST.

3. Pasar Loak Sabtu Seocho

Pada awalnya merupakan tempat penjualan barang-barang rumah tangga bekas dalam upaya memerangi dampak krisis ekonomi Asia tahun 1997. Kini menjadi pasar loak yang terdiri dari ratusan kios setiap minggunya.

Baca juga: Berwisata Sambil Belajar Sejarah, Yuk Main ke Goa Gajah

Tidak seperti kebanyakan pasar, pasar ini selalu merotasi lokasi setiap minggu. Operasional Pasar Loak Sabtu Seocho yaitu hanya pada hari Sabtu, Maret hingga November mulai 10.30-14.30 waktu setempat.

Pasar dibagi menjadi beberapa bagian berbeda dengan barang untuk masyarakat umum, anak-anak dan remaja, dan barang musiman. Pasar ini juga mengadakan konser jalanan, program seni kreatif dan acara langsung lainnya untuk pengunjung.

4. Pasar Bebas Hongdae

Terletak di Mapo-gu, Seoul, Korea Selatan, tepatnya berjarak 10 menit dari pintu keluar 9, Hongik Univ Stasiun. Pasar Bebas Hongdae berlangsung di jalan-jalan lingkungan Universitas Hongik, lebih sering disebut sebagai Hongdae.

Ini merupakan salah satu yang populer di masyarakat lokal maupun mancanegara. Pengunjung pasar dapat menikmati hiburan yang disiapkan oleh musisi dan performer berjiwa bebas dengan penampilan Afternoon Stage.

Pasar mendatangkan sekitar 50 hingga 60 tim seniman yang berbeda setiap hari Sabtu yang menampilkan, menjual, bertukar, dan memamerkan karya mereka. Barang yang biasa dijual antara lain kerajinan logam, kulit, keramik, kayu, karya kaca, dan seni daur ulang.

Anda harus bersabar dulu jika ingin datang di tahun ini karena pasar telah ditutup untuk tahun 2020 sebab pandemi Covid-19.

ilustrasi

5. Pasar Bebas Kondae

Jika Pasar Bebas Hongdae berlangsung di sekitar Universitas Hongik, Pasar Bebas Kondae berlangsung di depan Konkuk Univ. Stasiun.

Bukan berfokus pada penjualan besar, penyelenggara pasar bermaksud menyediakan ruang di mana seniman sebagai pihak penjual dapat lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen.

Pasar Bebas Ruang Seni dan Budaya Kondae ini dipenuhi seniman lokal yang dengan bangga menjual hasil kerajinannya. Barang-barang yang ditawarkan mulai dari boneka, tas, hingga aksesori dan kerajinan tangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini