Petualangan Sari Nila, Mertua Andin Ikatan Cinta di Taman Nasional Sulawesi

Dinny Ayu Anggarda, Jurnalis · Sabtu 19 Desember 2020 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 549 2330323 petualangan-sari-nila-mertua-andin-ikatan-cinta-di-taman-nasional-sulawesi-QdrU5fXvbI.jpg Sari Nila eksplor taman nasional di Sultra. (Foto: Instagram sarinila16)

SARI Nila, mertua Amanda Manopo dalam sinetron Ikatan Cinta berkunjung ke Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Sulawesi Tenggara. Seperti apa pesonanya?

Berperan sebagai Rosa, Ibunda Aldebaran (Arya Saloka) dan Roy (Fiki Alman), dalam sinetron Ikatan Cinta, Sari Nila mengunggah dalam instagram pribadinya @sarinila16 saat mengunjungi Taman Nasional Rawa Aopa Bombana. Keunikan dari ekosistemnya menjadi pesona dari Taman Nasional yang berlokasi di 4 kabupaten Sulawesi Tenggara yaitu Konawe, Konawe Selatan, Bombana dan Kolaka Timur.

Kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai merupakan padang savana dan perlindungan hewan-hewan endemik khususnya rusa dan berbagai jenis burung, salah satunya elang Sulawesi yang sangat langka.

Baca Juga: Liburan Pramugari Dea Ayu di Phuket, Pakai Swimsuit Pesta di Banana Beach

 sari nila

Terdiri dari 4 ekosistem yang terbentang berurutan dari pinggir laut sampai daratan meliputi ekosistem mangrove, savana, hutan pegunungan dataran rendah dan ekosistem rawa membuat TNRAW memiliki potensi keanekaragaman flora dan fauna khas Sulawesi yang layak untuk dinikmati.

Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Bombana memiliki Taman Naional Rawa Aopa Watumohai seluas 1.050 km persegi dan menjadi tempat perlindungan satwa-satwa langka/endemik serta mencakup hutan hujan pegunungan rendah, hutan bakau, hutan pantai, hutan rawa air tawar dan padang savana.

Salah satu destinasi unik yang berada dalam kawasan Taman Nasional ini adalah padang savana atau bukit teletubbies yang terletak di Desa Tinabite, Lantari Jaya. Bukit teletubbies ini sudah tidak asing lagi di telinga para penikmat alam, khususnya di Sulawesi Tenggara.

Saat melewati area TN RAW Anda akan disuguhi savana dan hutan yang luas. Jika beruntung, Anda juga akan melihat hewan khas Sulawesi tenggara yang dilindungi seperti monyet hitam (Macaca nigra), soa-soa (Hydrosaurus amboinensis), kuskus kerdil (Strigocuscus celebensis), rusa (Rusa timurensis djonga), anoa (Bubalus sp) dan puluhan jenis burung endemik lainnya.

Baca Juga: Menikmati Bentangan Alam Eksotis Magelang di Silancur Highland

tn

Bagi orang yang baru pertama kali melewati Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) pasti terkejut mendapati jalanan aspal lurus dan mulus layaknya jalan tol di kota-kota besar. Padahal, TNRAW berada di pelosok Sulawesi Tenggara.

Untuk menuju Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai dari Kota Kendari ke kabupaten Bombana dapat ditempuh sekitar 5 jam perjalanan. Agar dapat memasuki kawasan Taman Nasional, Anda harus mendapat izin terlebih dahulu dari pihak Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai sebagai pemangku kawasan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini