Share

Wisatawan Terpaksa Rogoh Kocek Jutaan Rupiah untuk Tes PCR Liburan ke Bali

Aris Wiyanto, Jurnalis · Sabtu 19 Desember 2020 09:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 19 406 2330548 wisatawan-terpaksa-rogoh-kocek-jutaan-rupiah-untuk-tes-pcr-liburan-ke-bali-0urV94SZ77.jpg Tegalalang, Ubud, Bali (Foto Freepik)

MESKI harus mengeluarkan biaya tes PCR hingga jutaan rupiah, sejumlah wisatawan tetap nekat berlibur ke Bali menjelang akhir tahun 2020. Mereka mengaku terpaksa tetap berlibur ke Pulau Dewata karena telah terlanjur membooking hotel dan transportasi.

Baca juga: Terbang ke Bali Wajib Tes Swab, Refund Tiket Tembus Rp317 Miliar!

Pantauan MNC Media, Sabtu (19/12/2020), sejumlah wisatawan tetap berdatangan di terminal domestik Bandara Internasional Ngurah Rai, Kuta, Badung, Bali.

Beberapa wisatawan terlihat mengabadikan kedatangan mereka di sejumlah spot foto di Bandara Ngurah Rai.

Petugas keamanan bandara terus mengingatkan wisatawan tetap memakai masker dan menjaga jarak.

Beberapa wisatawan mengaku mereka harus mengeluarkan biaya tambahan untuk tes PCR hingga Rp1,6 juta per orang sebelum berangkat ke Bali.

Baca juga: Aturan Liburan ke Bali Dilonggarkan, Swab PCR Berlaku Maksimal H-7 Keberangkatan

“Kita kemarin sudah rapid (test), kemudian ada pengumuman (wajib uji) swab, kita swab lagi, jadi dua kali,” kata Selfi diamini Kiki, wisatawan yang baru sampai di Bandara Ngurah Rai.

“Kalau rapid kemarin kita (bayar) sampai Rp400 ribu, terus yang swab satu orang (bayar) Rp1.650.000, jadi kali ini kami ada tujuh, yang anak-anaknya tiga,” ujarnya.

Mereka mengaku terpaksa tetap ke Bali karena sebelumnya telah mengeluarkan biaya untuk booking hotel dan transportasi selama mereka berlibur di Pulau Dewata.

“Kalau udah pesan tiketnya (pesawat) sih enggak apa-apa, tapi ini sudah pesan mobil juga, villa juga, jadi ya udahlah lanjut aja,” kata Selfie.

Meski mengaku terpaksa, para wisatawan tetap melanjutkan rencana mereka berlibur dan mengunjungi sejumlah objek wisata di Bali.

Sebelumnya pemerintah mewajibkan setiap wisatawan yang ingin berlibur ke Bali dengan naik pesawat agar menyertakan hasil tes PCR negatif Covid-19. Aturan ini dibuat untuk menekan penularan virus corona selama libur Natal dan Tahun Baru 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini