Dear Traveler, Ini Daftar Harga Rapid Antigen di Sejumlah Bandara

Salman Mardira, Jurnalis · Sabtu 19 Desember 2020 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 19 406 2330613 dear-traveler-ini-daftar-harga-rapid-antigen-di-sejumlah-bandara-UxEjTMvLJG.jpg Uji swab (Okezone)

PEMERINTAH mewajibkan wisatawan mengantongi hasil rapid test antigen negatif COVID-19 saat berkunjung ke berbagai destinasi di Indonesia selama libur Natal dan Tahun Baru 2021. Nah, sekarang sejumlah bandara sudah menyediakan layanan uji swab berbasis rapid antigen.

Rapid test antigen merupakan salah satu cara untuk mendeteksi adanya materi genetik atau protein spesifik dari Virus SARS CoV-2. Tes antigen-swab dilakukan pada saat akan melakukan aktivitas perjalanan orang dalam negeri dengan masa berlaku selama 14 hari.

Baca juga: Dear Traveler, Mulai 18 Desember Keluar-Masuk Jakarta Wajib Rapid Antigen

Calon penumpang pesawat dapat menjalani rapid tes antigen di bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I dan II. Tarif rapid antigen di Airport Health Center sudah ditetapkan oleh pengelola bandara. Harga ini berlaku selama musim libur Nataru 2021 atau mulai Jumat 18 Desember 2020.

ilustrasi

Ilustrasi

“Kami bersama mitra operator Airport Health Center yakni Farmalab melakukan pembahasan untuk memastikan berbagai hal termasuk terkait suplai alat pengetesan sehingga tarif dapat lebih rendah,” kata President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis diterima Okezone.

Berikut harga rapid test antigan di sembilan bandara :

1. Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali

Biaya Rp 170 ribu dan hasilnya dapat diketahui dalam 1 jam.

Baca juga: Mulai Besok, Wisatawan ke Solo Wajib Rapid Test Antigen

2. Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah

Biaya Rp 170 ribu dan hasilnya dapat diketahui dalam 1 jam.

3. Bandara Internasional Yogyakarta

Biaya Rp 170 ribu dan hasilnya dapat diketahui dalam 1 jam.

4. Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan

Biaya Rp 175 ribu dan hasilnya dapat diketahui dalam 1 jam.

5. Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur

Baca juga: Kisah Pramugari Cantik Jadi Penjual Alpukat demi Keluarga

Biaya Rp 170 ribu dan hasilnya dapat diketahui dalam 1 jam.

6. Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah

Biaya Rp 170 ribu dan hasilnya dapat diketahui dalam 1 jam.

7. Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Biaya Rp 170 ribu dan hasilnya dapat diketahui dalam 1 jam.

8. Bandara Soekarno - Hatta, Tangerang, Banten

Biaya Rp 200 ribu dan hasilnya dapat diketahui dalam 15 menit.

9. Bandara Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat

Biaya Rp 200 ribu dan hasilnya dapat diketahui dalam 15 menit.

Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menetapkan batasan tarif rapid test antigen sebesar Rp250 ribu untuk Pulau Jawa dan Rp275 ribu untuk di luar Pulau Jawa. Ketetapan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/I/4611/2020 yang dikeluarkan pada tanggal 18 Desember 2020.

“Batasan tarif pemeriksaan ini sebagai bentuk kepastian tarif pemeriksaan rapid test antigen melalui pengambilan swab bagi masyarakat dan pemberi layanan, serta memberikan jaminan kepada masyarakat agar mudah mendapatkan layanan pemeriksaan rapid test antigen-swab,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes Azhar Jaya dalam konferensi pers di Kantor BPKP Jakarta, Jumat kemarin.

Dalam SE tersebut, ditegaskan bahwa besaran tarif tertinggi hanya berlaku untuk masyarakat yang melakukan swab atas permintaan sendiri, tidak berlaku bagi fasilitas pelayanan kesehatan yang mendapatkan hibah/bantuan alat/reagen/APD/BHP dari pemerintah.

Seiring dengan ditetapkannya batas atas tarif tertinggi pemeriksaan Rapid test antigen-swab melalui SE ini, Azhar meminta agar ketetapan tersebut dapat diikuti oleh seluruh fasilitas pelayanan kesehatan.

“Untuk itu kami harap seluruh dinas provinsi, kabupaten, dan kota untuk melakukan pengawasan terhadap fasilitas pelayanan kesehatan dalam hal pemberlakuan harga tertinggi pengambilan swab antigen,” tutur Azhar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini