Waspada Traveler! Begini Modus Calo Rapid Test Covid-19 di Stasiun Pasar Senen

Antara, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 20 406 2331127 waspada-traveler-begini-modus-calo-rapid-test-covid-19-di-stasiun-pasar-senen-812RJMUGqV.JPG Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat (Foto: Okezone.com)

PENERAPAN aturan tes Covid-19 sebagai syarat bepergian di tengah pandemi corona dimanfaatkan sejumlah oknum tidak bertanggung jawab.

Ya, belum lama ini polisi berhasil membongkar modus operandi yang dipakai para calo tes cepat atau rapid test Covid-19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Heru Novianto berujar, pelaku yang diciduk pada Minggu dini hari itu berjumlah tiga orang.

Mereka masing-masing berinisial AG, LY dan HS. Dalam melancarkan aksinya, para pelaku menargetkan calon penumpang yang tidak sabaran dengan antrean rapid test yang panjang.

Baca juga: Belum Terapkan Rapid Antigen, KAI Tambah Petugas Layanan Tes Covid-19

“Supaya cepat, dia (pelaku calo) minta jasa, minta transport, menawarkan ke tempat yang ditunjuk untuk mendapatkan tes cepat (rapid test),” ujar Heru di Jakarta, Minggu, 20 Desember 2020.

Ia menjelaskan, pelaku mematok tarif mulai dari mengantarkan calon penumpang hingga mendapat hasil rapid test.

Tarif jasa antar ke klinik hingga keluar hasil rapid test, penumpang dipatok seharga Rp50.000. Sedangkan biaya rapid test sebesar Rp95.000. Kemudian ditambah biaya transportasi sepeda motor menuju klinik dibanderol antara Rp35-45 ribu.

“Mereka mencari celah karena banyak yang antre, banyak yang tidak sabar. Mereka menawarkan diri jasa ke tempat yang bisa mengeluarkan rapid test,” tuturnya.

Kapolres mengimbau para calon penumpang di Stasiun Pasar Senen agar berangkat beberapa jam sebelumnya guna menghindari antrean pemeriksaan kesehatan.

“Mau berangkat jangan mepet waktunya, dan pastikan tempat tes cepat ini benar-benar valid, sehingga ketika pulang ke kampung atau perjalanan jauh, tidak menyebarkan penyakit Covid-19 ke orang lain atau ke keluarga yang akan ditemui di kampung,” saran dia.

Para calo rapid test Covid-19 ini diringkus atas laporan masyarakat ikhwal adanya praktik percaloan rapid test Covid-19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat pada Sabtu malam sekira pukul 23.00 WIB. Saat ditangkap, polisi menyita barang bukti berupa uang tunai Rp100 ribu dan dari pelaku LY ditemukan uang tunai senilai Rp42.000.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini