5 Kuliner Khas Indonesia Jadi Menu Natal Paling Spesial

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 301 2331266 5-kuliner-khas-indonesia-jadi-menu-natal-paling-spesial-mbjbAyxNpX.jpg Klappertaart. (Foto: Instagram ulfah_sofiatul)

NATAL telah tiba! Cobain yuk berbagai kuliner khas Indonesia yang jadi menu Natal masyarakat Indonesia. Pastinya momen Natal pun akan semakin berkesan!

Dalam perayaan Natal, biasanya terdapat berbagai macam hidangan mulai dari dessert hingga makanan khas natal lainnya. Kuliner khas ini juga ternyata ada di berbagai lokasi di Indonesia yang mungkin Anda juga bisa rasakan.

Tidak lengkap rasanya jika Anda belum merasakan kuliner khas Indonesia saat merayakan Natal bersama keluarga. Apa saja sih makanan khas tersebut?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 kuliner khas Indonesia yang sering dihidangkan saat Natal dari Indonesia. Yuk intip ulasannya!

Baca Juga: Belum Terapkan Rapid Antigen, KAI Tambah Petugas Layanan Tes Covid-19

Ikan kuah kuning

ikan

Masakan dengan bahan dasar ikan memang terdengar biasa saja. Namun Anda harus coba makanan yang satu ini. Ikan kuah kuning merupakan salah satu makanan yang paling digemari saat Natal di Ambon dan berbagai daerah di Indonesia Timur.

Ikan kuang kuning ini merupakan hidangan yang dimasak dengan kuah berwarna kuning cenderung oranye. Hidangan yang dimasak dengan kunyit, daun kemangi, bumbu, rempah serta perasan jeruk nipis ini, menghasilkan kombinasi sempurna.

Ikan yang digunakan juga bisanya ada beberapa jenis seperti, ikan tuna atau ikan muba. Rasanya yang terkenal pedas dan gurih ini akan membuat Anda jatuh cinta.

Ayam rica-rica

Ayam rica-rica menjadi hidangan favorit yang juga sangat terkenal di masyarakat. Ayam rica-rica ini merupakan salah satu makanan khas Manado yang sangat sering menjadi top list hidangan saat Natal.

Hidangan yang dikenal dengan rasa pedasnya yang pekat ini, membuat orang makin tergila-gila. Menu yang dimasak dengan cabai dan jahe ini akan sangat cepat meningkatkan nafsu makan, apalagi dengan perpaduan antara kelembutan daging ayam serta bumbu menyerupai kuah merah tipis ini terasa sangat khas di lidah.

 

Ayam Budu-Budu

Hidangan ayam kali ini berbeda dari sebelumnya. Ayam Budu-Budu merupakan makanan yang berbahan dasar daging ayam kampung dengan kuah bercita rasa segar.

Dengan bahan utama yang menggunakan daging ayam kampung, ini dapat mendatangkan cita rasa yang empuk, apalagi dimasak dengan bumbu seperti jahe, merica, garam dan air asam jawa yang menampilkan cita rasa khas Makassar.

Klappertaart

Menu kali ini adalah hidangan manis khas Manado atau yang dikenal dengan klappertaart. Kue manis ini dibuat dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Kue ini akan sangat cocok dijadikan sebagai hidangan penutup karena rasa manis dan gurih kelapanya ini, membuat momen Natal makin menyenangkan.

Baca Juga: Bandara Minangkabau Belum Akan Berlakukan Rapid Test Antigen

Lapet

Untuk hidangan manis yang terakhir ini, merupakan kue khas Tapanuli yang dikenal dengan lapet. Lapet merupakan kue tradisional di daerah tersebut yang sering pula disajikan dalam berbagai perayaan, termasuk saat Natal

Lapet merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras dan campuran kelapa parut yang dibungkus dengan daun pisang. Kue berbentuk piramida atau limas ini juga berisi parutan gula aren atau gula merah yang sangat manis. Kue ini cocok disantap dengan teh atau kopi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini