Jelang Libur Nataru, Ini Pesan Menparekraf Wishnutama untuk Masyarakat Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 20:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 406 2331715 jelang-libur-nataru-ini-65279-pesan-menparekraf-wishnutama-untuk-masyarakat-indonesia-lScA7mUrfa.JPG Menparekraf RI, Wishnutama Kusubandio (Foto: Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio mengimbau masyarakat Indonesia untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat iburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Saya ingin mengingatkan kepada semua, kepada sektor parekraf dan wisatawan bahwa covid-19 masih ada di sekitar kita. Oleh karena itu, saya berharap kita semua harus disiplin menjaga protokol kesehatan jangan sampai lengah," ujarnya seperti dikutip dari video yang diterima Okezone dari Kemenparekraf, Senin (21/12/2020).

Menparekraf Wishnutama juga tak henti-hentinya mengimbau pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk terus mendorong penerapan protokol kesehatan dengan sungguh-sungguh. Dalam hal ini, Kemenparekraf sudah meluncurkan program khusus bertajuk sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability).

Program tersebut berisikan tentang kaidah-kaidah tentang protokol kesehatan yang wajib dipatuhi pelaku wisata maupun wisatawan sebagai upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 di sektor pariwisata.

"Untuk pelaku pariwisata jalankan protokol kesehatan dalam CHSE dengan sungguh-sungguh demi menjaga risiko penyebaran Covid-19," tegas Wishnutama.

Baca juga: Aturan Perjalanan Selama Libur Nataru Diperketat, Begini Panduannya!

Terkait perubahan kebijakan yang dilakukan pemerintah jelang libur Nataru, Menparekraf Wisnutama turut menyampaikan keprihatinannya. Ia mengatakan hal tersebut terpaksa dilakukan demi kepentingan bersama.

"Saya paham banyak pelaku wisata di Indonesia termasuk di Bali yang berharap banyak pada liburan ini. Saya juga mendapat laporan tingkat pesanan hotel dan pesawat di beberapa daerah wisata sudah kembali meningkat. Tentu hal ini seharusnya menggembirakan. Tapi kita semua jangan sampai lengah," ucapnya.

Dengan rendah hati, Menparekraf Wishnutama pun mengimbau agar masyarakat yang berencana menikmati momen liburan Natal dan Tahun Baru, untuk senantiasa melakukan tes mandiri dan menjadi wisatawan yang bertanggung jawab.

"Untuk saudara-saudara yang akan berlibur, lakukanlah perjalanan yang bertanggung jawab. Tes mandiri terlebih dahulu baik melalui rapid anti gen atau PCR test. Ini semua demi melindungi diri kita dan juga orang lain. Penting sekali untuk memastikan diri kita sehat dan tidak menjadi pembawa covid bagi yang lain," kata dia.

Tak kalah pentingnya, ia juga mengingatkan agar wisatawan selalu menjaga protokol kesehatan di mana pun mereka berada. Karena, hanya dengan cara inilah potensi penularan virus corona dapat diminimlalisir.

"Jadi selalu gunakan masker di mana pun, bandara, pelabuhan, rest area, pesawat, kapal laut, tempat wisata, dan di tempat-tempat lainnya. Sekali lagi gunakan masker, jaga jarak, dan jauhi kerumunan serta cuci tangan dengan sabun sesering mungkin," jelasnya.

Bila masyarakat benar-benar menjalankan imbauan tersebut, Menparekraf Wishnutama percaya Indonesia dapat segera melalui ujian ini, dan sektor pariwisata dapat bangkit kembali seperti sedia kala.

"Kita akan dapat segera melalui ujian ini. Pelaut tangguh bukan lahir dari lautan yang tenang, tetapi mereka yang mampu menghadapi badai . Demikian pula dengan bangsa ini, tidak akan menjadi bangsa yang tangguh jika tidak dapat menghadapi badai pandemi Covid-19 ini," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini