Pilot Di-PHK Jadi Sopir Bus, Curhatnya Viral di Facebook

Ersa Ambarita, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 406 2331736 pilot-di-phk-jadi-sopir-bus-curhatnya-viral-di-facebook-3HrJJHVl8s.jpg Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

PADA Oktober lalu maskapai Cathay Pacific di Hong Kong menghentikan operasi Cathay Dragon karena pandemi Covid-19. Imbasnya, 5.900 karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut dirumahkan.

Dampak yang memukul dunia penerbangan ini membuat salah seorang pilot, Earnest Li. Ia membagikan kisahnya yang menjadi sopir bus usai di-PHK.

"Saya sangat bersyukur atas perjalanan hidup yang luar biasa yang diberikan Cathay Dragon kepada saya. Sejujurnya, rekan-rekan saya yang masuk ke perusahaan pada periode yang sama dengan saya adalah yang beruntung. Sekarang masalah terbesarnya adalah saya tidak siap untuk berhenti secepat ini,” tulisnya di akun Facebook pribadinya.

Baca Juga: Penerbangan Sepi, Masakapai Ini Tawarkan Troli Kabin ke Rumah

pilot

Dalam tulisannya tersebut, ia juga mengunggah beberapa foto bersama istri dan kedua anaknya. Banyak netizen tak percaya jika lelaki yang mengabdikan 19 tahun hidupnya di Cathay Dragon harus dilepaskan begitu saja. Tak sedikit dari komentar tersebut meminta dirinya untuk diliput dalam berita. Beberapa media China meminta ia tampil untuk menyemangati orang-orang yang kehilangan pekerjaan. Namun, Li menolaknya dan memilih menyampaikannya lewat media sosialnya sendiri.

“Saya hanya berharap anak-anak muda ini dapat menghadapi kenyataan dan melanjutkan hidup. Saya mantan kapten pesawat yang beralih menjadi kapten bus tingkat, bagaimana saya bisa menyemangati kaum muda di Hong Kong? Hari ini semua orang berada di titik terendah dalam hidup, tapi itu bukan salah kami. Kami masih pilot terbaik!,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pramugari Hong Kong Dragon Airlines, Rebecca Sy On-na, menyatakan jika Li sebagai temannya dalam penerbangan begitu mudah menerima segalanya dan cepat memikirkan jalan keluar.

“Dengan dua anak laki-laki yang harus dibesarkan, Li adalah orang yang praktis dan cepat mengambil keputusan. Di dengan cepat mencari izin untuk pekerjaan baru, bahkan sebelum Dragon Airlines ditutup,” ujarnya.

Baca Juga: Kenapa Pramugari Harus Berpostur Tinggi? Awak Kabin Cantik Ini Ungkap Alasannya!

Dirinya turut menambahkan hingga sejauh ini masih banyak karyawan tidak menerima keputusan tersebut. Mengingat beberapa di antaranya sudah lama bekerja dan sebagian baru merintis karir menjadi seorang awak kabin.

“Bagi mereka yang sudah berpengalaman bertahun-tahun di sektor penerbangan, sulit sekali bagi mereka untuk memulai kembali. Ada yang tidak bisa menerima pengurangan gaji,” tukas Sy yang mulai bekerja di sektor asuransi bulan ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini