Wagub Imbau Pelancong Tak Pelesiran ke Jabar saat Libur Nataru

Antara, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 406 2331845 wagub-imbau-pelancong-tak-pelesiran-ke-jabar-saat-libur-nataru-dUDLS650wa.JPG Wagub Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Instagram/@ruzhanul)

WAKIL Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengimbau wisatawan dari luar daerah tidak datang ke Jabar untuk menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru 2021 guna menekan penularan Covid-19 di daerah itu.

"Wisatawan diusahakan tidak datang ke Jabar untuk tahun ini, tahun kemarin diperbolehkan. Insyaallah tahun depan juga diperbolehkan, kami minta pengertian," kata Ruzhanul.

Hal itu disampaikannya usai menjadi inspektur upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2020 dalam rangka Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Jalan Diponegoro Depan Gedung Sate Bandung di Bandung, Senin, 21 Desember 2020 kemarin.

Baca juga: Pelni Masih Berlakukan Rapid Test Antibodi bagi Penumpang Tujuan Jakarta

Namun, pihaknya tidak bisa seenaknya mengembalikan para wisatawan dari luar kota yang sudah datang ke Jabar saat ini.

"Jabar kan termasuk NKRI, nanti pemprov melanggar HAM dan sebagainya, hanya minta pengertian saja kebersamaan di antara kita. Kebersamaan antara aparat, pemerintah, dan masyarakat itu adalah kunci sukses Jabar menuju 'Jabar Juara Lahir dan Batin'," imbuhnya.

Oleh karenanya, ia meminta wisatawan yang sudah terlanjur menuju Jabar untuk menyiapkan dan mematuhi protokol kesehatan, salah satunya melakukan dan membawa hasil tes cepat Covid-19 antigen.

"Bagi wisatawan yang datang ke Jabar itu diimbau untuk mengadakan rapid test antigen kemudian juga untuk tempat yang ingin melaksanakan kegiatan semacam itu harus tetap harus melaksanakan," kata dia.

Terkait libur Natal dan Tahun Baru, kata dia, aparat gabungan dari Satpol PP, polisi, hingga TNI sudah mendeteksi kebiasaan yang sering dilakukan pengelola wisata saat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Saat ini kata dia, setiap aparat sudah memantau tempat wisata yang kerap dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar Jabar. Ia berharap tidak ada lagi pengelola tempat wisata yang melanggar aturan PSBB.

"Sehingga tidak akan lolos dari pantauan inspeksi di saat ada Tahun Baru dan Natal ini," tutup Ruzhanul.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini