Gunung Prau Ditutup 2 Bulan Mulai 3 Januari 2021

Ersa Ambarita, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 406 2331902 gunung-prau-ditutup-2-bulan-mulai-3-januari-2021-CwY1vPrygY.JPG Gunung Prau di Wonosobo, Jawa Tengah (Foto: Instagram/@krisna_pepe)

WISATA pendakian Gunung Prau, yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah akan menutup seluruh jalur pendakian selama dua bulan, terhitung sejak 3 Januari 2021 hingga 3 Maret 2021 mendatang. Jalur pendakian akan kembali dibuka pada 4 Maret 2021.

Pemberitahuan penutupan ini telah disepakati forum koordinasi gunung prau Indonesia (FKPI) dengan Perhutani yang diunggah di akun Instagram @basecamp.prau_igirmranak, Senin, 21 Desember 2020.

“GUNUNG PRAU DITUTUP.!!! Hasil rapat FKPI hari ini di basecamp kita yang di hadiri dari perwakilan semua basecamp gunung prau menyepakati bahwa dalam rangka pemulihan ekosistem dan peningkatan kapasitas pengelola serta menghindari cuaca buruk, juga untuk melakukan reboisasi bersama semua basecamp. Maka dari perwakilan semua basecamp menyepakati bahwa penutupan gunung prau dari semua jalur akan di lakukan mulai tanggal 03 januari 2021 dan di buka kembali 04 maret 2021,” tulis akun tersebut.

Baca juga: Yeay, Naik Gunung Prau Kini Enggak Perlu Bawa Surat Rapid Test

Surat Pemberitahuan Penutupan Gunung Prau

Dengan ketetapan terbaru ini, tercacat jika Gunung Prau sudah melakukan penutupan sebanyak dua kali sejak tahun 2020. Di mana operasi pendakian dihentikan awalnya di Januari hingga April 2020. Pembukaan gunung selanjutnya diumumkan pada Jumat, 4 September 2020.

Kendati demikian, gunung dengan ketinggian 2.565 mdpl ini masih dibuka hingga akhir tahun. Sebagai tambahan, para pendaki harus tetap memastikan pergeseran cuaca demi keamanan dan keselamatan.

Selain itu, protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah harus diterapkan. Mulai dari penggunaan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Terlebih para pendaki wajib menunjukkan identitas diri, menggunakan perlengkapan pendakian sesuai standar, kapasitas rombongan dibatasi, dan membawa surat keterangan bebas Covid-19.

Pengumuman terbaru ini akan segera dirilis di akun jalur pendakian Gunung Prau lainnya, mengingat informasi tambahan masih akan diinformasikan.

“Demikian hasil musyawarah hari ini supaya bisa dijadikan sumber pemberitaan yang valid. Adapun kabar selanjutnya menyusul,” bunyi keterangan foto yang diunggah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini