Dear Traveler, Ini 13 Stasiun Kereta Layani Rapid Antigen Beserta Tarifnya

Salman Mardira, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 406 2332169 dear-traveler-ini-13-stasiun-kereta-layani-rapid-antigen-beserta-tarifnya-6jyu6bTGUa.jpg Petugas mengambil sampel rapid antigen calon penumpang kereta api di stasiun (PT KAI)

PT KAI (Persero) hari ini menambah empat stasiun yang menyediakan layanan rapid test antigen sehingga total kini menjadi 13 stasiun kereta api. Keempat stasiun tersebut adalah Stasiun Bandung, Cirebon, Purwokerto dan Solo Balapan. Berapa biaya rapid antigennya?

"Penambahan stasiun yang melayani rapid test antigen ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan dalam rangka menerapkan protokol kesehatan pada perjalanan kereta api di masa libur Natal dan Tahun Baru 2021," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis diterima Okezone, Selasa (22/12/2020).

Baca juga: Jelang Libur Nataru, Ini Pesan Menparekraf Wishnutama untuk Masyarakat Indonesia

Saat ini layanan rapid test antigen telah tersedia di stasiun sebagai berikut:

1. Stasiun Gambir

2. Stasiun Pasar Senen

3. Stasiun Bandung

4. Stasiun Kiaracondong

5. Stasiun Cirebon

6. Stasiun Cirebon Prujakan

7. Stasiun Semarang Tawang

8. Stasiun Tegal

9. Stasiun Purwokerto

10. Stasiun Yogyakarta

11. Stasiun Solo Balapan

12. Stasiun Surabaya Gubeng

13. Stasiun Surabaya Pasarturi

Tarif atau biaya rapid antigen di 13 stasiun tersebut sebesar Rp105.000. 

Baca juga: Pramugari Ditangkap karena Keluar Kamar Hotel saat Karantina

KAI menyatakan jumlah stasiun yang melayani rapid antigen akan terus ditambah menyesuaikan dengan animo masyarakat.

ilustrasi

Antre rapid antigen di stasiun (PT KAI)

"Pada hari pertama dibukanya layanan ini, Senin (21 Desember), KAI melayani lebih dari 2 ribu peserta rapid test antigen di stasiun," ujar Joni

Sesuai SE Kemenhub Nomor 23 Tahun 2020, pelanggan kereta api jarak jauh di Pulau Jawa keberangkatan 22 Desember sampai dengan 8 Januari 2021 diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil rapid test antigen negatif yang berlaku selambat-lambatnya tiga hari sebelum tanggal keberangkatan atau H-3.

"Selain itu pelanggan juga dapat menggunakan swab test PCR negatif paling lambat 14 hari sebelum keberangkatan atau H-14," tambah Joni.

Layanan rapid test antigen di stasiun ini merupakan alternatif yang KAI hadirkan untuk kemudahan calon pelanggan yang akan naik Kereta Api. Selain di stasiun, calon pelanggan juga bisa menggunakan hasil Rapid Tes Antigen dari Rumah Sakit atau Klinik yang terpercaya.

Pelanggan yang berhak melakukan Rapid Test Antigen di stasiun diharuskan menunjukkan kartu identitas dan tiket atau kode booking yang sudah dibayarkan. Untuk mencegah keterlambatan, masyarakat disarankan untuk melakukan rapid test antigen satu hari sebelum tanggal keberangkatan.

Untuk info selengkapnya terkait layanan rapid test antigen di stasiun, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111-2-111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

 ilustrasi

Sampai dengan 21 Desember 2020, KAI telah memberangkatkan 131 ribu penumpang KA Jarak Jauh untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2021. Adapun yang menjadi rute favorit adalah Jakarta menuju Yogyakarta dan Surabaya.

KAI mematuhi dan mendukung sepenuhnya aturan yang ditetapkan oleh pemerintah terkait syarat perjalanan orang di angkutan kereta api pada masa Libur Natal dan Tahun Baru 2021 dalam rangka memutus penyebaran Covid-19.

Joni menegaskan, KAI akan memastikan bahwa yang dapat naik KA adalah yang dalam kondisi sehat dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan pemerintah. KAI juga akan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin saat di stasiun dan selama dalam perjalanan.

"Hal ini bertujuan untuk menjadikan Kereta Api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai di tujuan," tutup Joni.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini