Sandiaga Uno Gantikan Wishnutama sebagai Menparekraf

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 406 2332205 sandiaga-uno-gantikan-wishnutama-sebagai-menparekraf-6cXXnWeIPu.jpg Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Okezone.com/Heru Haryono)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Wakil Ketua Umum Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Sandiaga Salahuddin Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Kabinet Indonesia Maju menggantikan Wishnutama Kusubandio.

"Beliau dulu wakil gubernur DKI Jakarta, Ketua HIPMI dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk pimpin Kemenpar," kata Jokowi dalam pernyataan persnya di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Isu terkait penunjukan Sandiaga Uno sudah berhembus menjelang Presiden Jokowi mengumumkan perombakan kabinet alias reshuffle.

Baca juga: Kunjungan Wisatawan ke Pangandaran saat Libur Akhir Tahun Diprediksi Meningkat

Menurut kabar yang beredar, Bang Sandi, sapaan akrab Sandiaga Salahuddin Uno, bakal mengisi pos menteri pariwisata dan ekonomi kreatif. Pos itu saat ini diisi oleh Wishnutama Kusubandio.

Sebelum ditunjuk sebagai Menparekraf, Sandiaga Uno memang kerap menunjukkan perhatiannya terhadap pemulihan pariwisata Indonesia setelah dihantam pandemi Covid-19.

Sandiaga menilai, peningkatan kualitas tenaga kerja, khususnya digitalisasi marketing serta pelatihan ritel menjadi hal terpenting dalam pengembangan industri pariwisata saat ini. Tak dapat dipungkiri, sektor usaha pariwisata merupakan jenis bisnis yang paling terdampak dari adanya pandemi Covid-19.

Pria yang akrab disapa Bang Sandi itu menyebut, tren masyarakat saat ini masih ogah bepergian ketika melihat kasus baru virus corona masih meningkat. Oleh karenanya, marketing digital harus dimanfaatkan secara baik oleh setiap pelaku usaha pariwisata agar sektor itu kembali bergeliat.

"Untuk merealisasikan potensi ini, di era digital sangatlah penting bagi tenaga kerja untuk terus meningkatkan skillnya. Dan karena itulah Rumah Siap Kerja bekerja sama dengan Kartu Prakerja memberikan pelatihan serta sertifikasi," ucap mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) itu, Kamis, 3 Desember 2020 lalu.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini