Ditunjuk Jadi Menparekraf, Ini Strategi Sandiaga Uno untuk Pariwisata Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 406 2332545 ditunjuk-jadi-menparekraf-ini-strategi-sandiaga-uno-untuk-pariwisata-indonesia-eqea1yKjmF.JPG Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: YouTube/@BPMI)

 MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), terpilih Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan rencana kerja yang akan segera ia lakukan bersama Kemenparekraf usai diperkenalkan Presiden Joko Widodo sore tadi, Selasa (22/12/2020).

Dalam keterangannya, Sandiaga Uno mengaku siap meneruskan tugas berat yang sebelumnya diemban oleh Wishnutama Kusubandio.

"Ini adalah tugas yang teramat sangat berat, karena kebangkitan bangsa Indonesia untuk pulih dari Covid-19 dan melanjutkan agenda pembangunan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, akan sangat bergantung pada pemulihan kesehatan dengan upaya kita menerapkan prokes yang ketat dan disiplin," kata Sandiaga Uno seperti dikutip Okezone dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Sandiaga Uno Jadi Menparekraf, Wishnutama: Saya Yakin Pariwisata Segera Bangkit

Kendati demikian, Sandiaga mengaku telah menyiapkan sejumlah strategi untuk memulihkan dan menggairahkan kembali sektor pariwisata Indonesia. Salah satunya mengadopsi strategi inovasi dengan dukungan teknologi.

Dalam hal ini, Sandiaga berencana melakukan pendekatan dengan konsep 'big data' karena dianggap kekinian dan ampuh untuk memetakan baik dari segi potensi maupun penguatan, serta memastikan para pelaku sektor pariwisata dan ekraf bisa bertahan.

"Bukan hanya survive (bertahan), tapi juga thrive. Survive and thrive, bertahan dan menangkap peluang untuk jadi pemenang," ungkap Sandiaga Uno.

Strategi kedua adalah adaptasi. Mengingat angka kasus positif Covid-19 masih sangat tinggi, Sandiaga menegaskan pihaknya akan mendahulukan kesehatan dan keselamatan wisatawan di setiap destinasi pariwisata dan di setiap lini ekraf. Karena itu, ia berencana melanjutkan program CHSE yang sempat diusung oleh Wishnutama Kusubandio

Strategi terakhir dan tak kalah pentingnya, Menparekraf Sandiaga mengaku siap berkolaborasi dengan semua pihak dan seluruhstakeholders pariwisata.

"Kami akan berkolaborasi dengan lembaga, pemerintah daerah, pemprov, akademisi, universitas, dan seluruh asosiasi yang tergabung dalam sektor pariwisata. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala meridhoi dan memberikan kekuatan kita untuk keluar dari pandemi dan membangun pariwisata dan ekraf yang lebih baik lagi," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini