Longgarkan Kebijakan Visa, Thailand Buka Perbatasan untuk Turis Asing

Chotimah, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 406 2332756 longgarkan-kebijakan-visa-thailand-buka-perbatasan-untuk-turis-asing-qnnPmj8NFp.JPG Bandara Suvarnabhumi, Bangkok, Thailand (Foto: Instagram/@rogerprice)

PEMERINTAH Thailand mengumumkan pembukaan perbatasan bagi wisatawan mancanegara. Maski begitu, langkah-langkah preventif tetap dilakukan terhadap pelancong demi mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 yang masih berkecamuk.

Pemerintah Thailand melonggarkan kebijakan visa dengan mengizinkan pengunjung untuk mengajukan visa turis (TRV) atau Special Tourist Visa (STV). Wisatawan yang datang wajib menjalani karantina 14 hari. Karantina dilakukan di fasilitas yang ditunjuk pemerintah setempat dengan biaya sendiri.

Berdasarkan protokol baru, pelancong yang ingin memasuki Thailand harus memiliki salah satu visa yang disebutkan di atas dan sertifikat masuk (COE).

Baca juga: Asyik, Liburan ke Thailand Kini Enggak Perlu Pakai Visa Khusus

Wisatawan dapat memilih visa sesuai dengan sifat masa inap mereka. Turis juga wajib memiliki asuransi kesehatan senilai 100.000 dolar Amerika yang mencakup biaya perawatan Covid-19.

TRV (visa turis) sendiri berlaku untuk masa tinggal jangka pendek. Sedangkan Special Tourist Visa (STV) untuk perjalanan jangka panjang.

Namun, sertifikat COE, asuransi kesehatan yang mencakup keamanan Covid-19 dan karantina 14 hari diwajibkan untuk menyertai dokumen keduanya. Seseorang harus mengajukan permohonan untuk pos sertifikasi COE menerima visa.

Direktur Otoritas Pariwisata Thailand, Cholada Siddhivarn mengatakan, Thailand saat ini sedang merencanakan upaya membangun kembali pariwisata, setelah sempat lesu akibat hantaman pandemi Covid-19.

"Aturan dan prosedur visa baru akan bertindak sebagai katalisator untuk memastikan keamanan sepenuhnya dipertahankan sementara kami membuka negara untuk turis internasional," kata dia menyitir laman Breaking Travel News.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini