Momen Keakraban Sandiaga Uno & Wishnutama dalam Sertijab Menparekraf

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 406 2332781 momen-keakraban-sandiaga-uno-wishnutama-dalam-sertijab-menparekraf-xo7iqJXYlE.JPG Wishnutama Kusubandio dan Sandiaga Uno dalam acara sertijab Menparekraf di Kantor Kemenparekraf, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat (Foto: Okezone.com/Heru Haryono)

SANDIAGA Salahuddin Uno hari ini resmi berkantor di Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 17, Gambir, Jakarta Pusat.

Ya, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mempunyai tugas baru sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Keduanya menjalani prosesi serah terima jabatan Menparekraf, Rabu (23/12/2020). Sandiaga Uno tampak didampingi sang istri Nus Asia Uno. Turut hadir pula Wakil Menteri Parekraf, Angela Tanoesoedibjo.

Wishnutama dan Sandiaga Uno

Baik Sandiaga maupun Wishnutama kompak mengenakan stelan jas warna hitam, lengkap dengan kacamata, kopiah hitam dan tentunya masker yang menempel di wajah sebagai langkah protokol kesehatan. Keduanya terlihat sangat akrab dan bersahabat.

Baca juga: Ditunjuk Jadi Menparekraf, Ini Strategi Sandiaga Uno untuk Pariwisata Indonesia

Sandiaga Uno merupakan pengusaha sekaligus politikus Partai Gerindra. Setelah mundur dari wakil gubernur DKI Jakarta, ia maju di Pilpres 2019 sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

Wishnutama dan Sandiaga Uno

Namun, pasangan ini kalah dari pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Kini Prabowo dan Sandiaga sama-sama berada dalam kabinet Indonesia Maju jilid 2.

Baca juga: Sandiaga Uno Jadi Menparekraf, Wishnutama: Saya Yakin Pariwisata Segera Bangkit

Presiden Jokowi telah menetapkan penggantian enam menteri di sejumlah posisi. Para menteri baru tersebut yaitu Tri Rismaharini (Menteri Sosial), Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama), Wahyu Sakti Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan), M Lutfi (Menteri Perdagangan), dan Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan).

Sebelumnya, Sandiaga menyampaikan rencana kerja yang akan segera ia lakukan bersama Kemenparekraf usai diperkenalkan Presiden Joko Widodo sore tadi, Selasa, 22 Desember 2020 kemarin.

Dalam keterangannya, Sandiaga Uno mengaku siap meneruskan tugas berat yang sebelumnya diemban oleh Wishnutama Kusubandio.

Wishnutama dan Sandiaga Uno

"Ini adalah tugas yang teramat sangat berat, karena kebangkitan bangsa Indonesia untuk pulih dari Covid-19 dan melanjutkan agenda pembangunan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, akan sangat bergantung pada pemulihan kesehatan dengan upaya kita menerapkan prokes yang ketat dan disiplin," kata Sandiaga.

Ia mengaku telah menyiapkan sejumlah strategi untuk memulihkan dan menggairahkan kembali sektor pariwisata Indonesia. Salah satunya mengadopsi strategi inovasi dengan dukungan teknologi.

Wishnutama dan Sandiaga Uno

Dalam hal ini, dirinya berencana melakukan pendekatan dengan konsep 'big data' karena dianggap kekinian dan ampuh untuk memetakan baik dari segi potensi maupun penguatan, serta memastikan para pelaku sektor pariwisata dan ekraf bisa bertahan.

"Bukan hanya survive (bertahan), tapi juga thrive. Survive and thrive, bertahan dan menangkap peluang untuk jadi pemenang," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini