Share

Wisatawan Kaget Dicegat untuk Rapid Test saat Masuk Kota Malang

Deni Irwansyah, Jurnalis · Kamis 24 Desember 2020 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 24 406 2333408 wisatawan-kaget-dicegat-untuk-rapid-test-saat-masuk-kota-malang-V1770H01W1.jpg Rapid test di Jakarta (Okezone.com/Arif)

WISATAWAN yang masuk ke Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (24/12/2020), harus menjalani rapid tes secara acak berdasarkan nomor polisi kendaraan luar kota ini. Seorang wisatawan asal Mojokerto mengaku kaget saat tiba-tiba disuruh rapid test di pos pengamanan.

Antrean pun terjadi di pos pengamanan perbatasan pintu masuk Kota Malang. 300 alat rapid disediakan petugas gabungan Polri-TNI dan Dinas Kesehatan.

Baca juga:  7 Destinasi Wisata Menawan bak Surga di NTT untuk Liburan Akhir Tahun

Mobil-mobil berpelat luar yang masuk ke Kota Malang siang tadi tiba-tiba dibelokkan ke Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021 di Graha Kencana, Arjosari, atau pintu masuk sisi utara Kota Malang.

Petugas meminta wisatawan menunjukkan identitas dan surat keterangan hasil rapid test. Jika tidak punya, maka diminta mengikuti rapid test antibodi.

iNews melaporkan, total ada 100 alat rapid test antibodi dan 200 rapid test antigen yang disediakan di pos pelayanan ini.

Dipilihnya pos ini karena selain terletak di perbatasan kota dan kabupaten Malang, juga karena berada di dekat pintu keluar Tol Pandaan Malang, sehingga banyak wisatawan masuk lewat jalur ini.

Baca juga:  Wisatawan Ramai-Ramai Batalkan Pesanan Hotel di Malang Raya Imbas Wajib Rapid Test

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Sri Winarni, jika wisawatan menunjukkan hasil reaktif dari rapid test antibodi, maka akan dilakukan rapid test antigen.

Jika hasilnya positif Covid-19 berdasarkan rapid antigen, maka akan dilakukan tindakan selanjutnya dengan Dinas Kesehatan dan Polresta Malang Kota.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini