7 Destinasi Patung Yesus di Indonesia untuk Liburan Natal, Nomor 5 Tertinggi di Dunia

Salsabila Jihan, Jurnalis · Jum'at 25 Desember 2020 00:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 24 408 2333439 7-destinasi-patung-yesus-di-indonesia-untuk-liburan-natal-nomor-5-tertinggi-di-dunia-wVxYqhjEFP.jpg Patung Yesus di Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat (rubrikkristen.com)

INDONESIA memiliki beragam destinasi, termasuk wisata religi yang cocok dikunjungi saat libur keagamaan seperti Natal. Salah satunya adalah destinasi Patung Yesus Kristus yang tersebar di beberapa daerah.

Patung Yesus punya keindahan arsitektur, nilai sejarah, dan tentunya nilai religinya. Kemudian panorama alam di sekitar patung juga memukau.

Patung Yesus milik Indonesia tidak kalah fenomenal dengan yang ada di Rio de Janeiro, Brasil. Bahkan Indonesia punya Patung Yesus tertinggi di dunia.

Baca juga: Tana Toraja Bangun Patung Yesus Raksasa

Berikut Okezone rangkum dari beberapa sumber, 7 destinasi religi Patung Yesus di Indonesia :

1. Patung Yesus Memberkati di Manado

Patung Yesus setinggi 30 meter yang terletak di Perumahan Citraland, Manado ini merupakan patung tertinggi ke-2 di Asia dan patung Yesus tertinggi ke-4 di dunia (tanpa alas tumpuan).

Bila dilihat dari samping, jubah yang digunakan Yesus dibuat berkibar seakan tertiup angin. Patung besar dengan tulisan Monumen Yesus Memberkati ini dibentuk dengan Yesus mengangkat tangan ke bawah seperti memberkati warga Manado dan sekitarnya.

ilustrasi

Patung Yesus Memberkati di Manado

Patung yang memiliki kemiringan 20 derajat ini dibuat menggunakan bahan besi fibre seberat 25 ton dan besi baja seberat 35 ton ini digagas oleh pengusaha ternama Indonesia, Ciputra pada 2007 dengan biaya sekitar Rp5 miliar.

2. Patung Yesus Memberkati Gollu Potto

Patung Yesus ini berada di Taman Wisata Religi Gollu Potto, Kelurahan Soba Wawi, Kecamatan Loli, Waikabubak, Sumba Barat. Patung ini menjadi patung terbesar di Pulau Sumba agar masyarkaat Sumba Barat terberkati.

Baca juga: 11 Atraksi Perayaan Natal Paling Menakjubkan di Dunia, dari China hingga California

Taman wisata religi ini dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Sumba Barat tahun 2018 dan baru rampung pada Agustus 2020.

3. Patung Yesus di Pulau Lembeh

Patung yang terletak di Kelurahan Dorbolaang, Lembeh Selatan ini merupakan replika dari patung Christ the Redeemer di Rio de Jeneiro, Brasil. Namun patung ini memiliki ketinggian 29,5 meter, beda beberapa meter dengan kembarannya di Brasil.

ilustrasi

Patung Yesus di Pulau Lembeh (manadobaswara.com)

Bentangan tangan yang mencapai 25 meter ini seakan-akan memberikan berkat kepada penduduk Kota Bitung dan Selat Lembeh.

4. Patung Hati Kudus Yesus di Merauke

Kota paling timur Indonesia ini memiliki patung Yesus yang memiliki tinggi mencapai 12 meter. Patung ini dibangun sebagai monumen untuk memperingati hari pertama masuknya gereja Katolik ke Kota Merauke pada 14 Agustus 1905 dan patung ini diresmikan pada 14 Agustus 2011.

Tidak seperti kebanyakan patung yang menggunakan pilar sebagai penyanggahnya, patung ini diberi penyangga berupa bola dunia.

5. Patung Yesus Buntu Burake

Patung Yesus Buntu Burake merupakan patung Yesus tertinggi dan terbesar di dunia, bahkan mengalahkan patung Kristus Sang Penebus yang menjadi ikon Rio de Janerio di Brasil.

Patung Yesus Memberkati ini terbuat dari coran perunggu dan memiliki tinggi mencapai sekitar 45 meter. Patung ini berada di ketinggian 1.700 mdpl, di atas puncak bukit Buntu Burake.

ilustrasi

Patung Yesus Buntu Burake (Okezone.com/Jufri Tonapa)

Patung ikon Tana Toraja ini dibangun pada 2015 atas inisiasi Gubernur Sulawesi Selatan dengan tujuan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan sekaligus menjadikan alternatif wisata religi. Pembuatan patung ini memakan biaya hingga sekitar Rp22 miliar.

6. Patung Yesus Kristus di Pulau Mansinam

Patung setinggi 30 meter (dengan penyangga) ini terletak di Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat yang merupakan ikon dari penyebaran Injil di Tanah Papua.

Monumen yang diresmikan langsung oleh Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada 24 Agustus 2014 ini menghabiskan dana sekitar Rp 7 hingga 8 miliar.

7. Patung Kristus Raja di Saumlaki

Patung ini berada di Pulau Yamdena, Desa Olilit Timur, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Saumlaki, Maluku.

Patung setinggi 25 meter (dengan penyangga) ini pada bagian bawah patungnya terdapat sebuah bangunan kapela yang bisa digunakan untuk Misa Kudus.

Patung Kristus Raja ini menghadap langsung ke Laut Arafuru untuk menyambut setiap pengunjung yang datang ke sini.

Monumen ini juga dikenal sebagai patung tiga serangkai karena terdapat dua patung Yesus lainnya saat penyaliban dan dipangku oleh Bunda Maria.

Patung Penyaliban Yesus menghadap ke arah utara, sedangkan Patung Yesus dengan Bunda Maria menghadap ke Timur Laut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini