Angkut Penumpang Positif Corona, Batik Air Dilarang Terbang ke Pontianak

INews.id, Jurnalis · Jum'at 25 Desember 2020 06:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 25 406 2333625 angkut-penumpang-positif-corona-batik-air-dilarang-terbang-ke-pontianak-y5I56c1niO.JPG Pesawat Batik Air (Foto: Okezone.com/Heru Haryono)

SEBANYAK lima penumpang pesawat Batik Air rute Jakarta-Pontianak dilaporkan positif terpapar virus corona atau Covid-19.

Penumpang tersebut menumpang pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6220 tujuan Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat dan mendarat pukul 14.30.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengungkapkan, sejak Satgas penanggulangan Covid-19 setempat sejak 22 Desember 2020 telah melaksanakan pemeriksaan secara acak terhadap penumpang yang mendarat di Bandara Supadio.

Baca juga: India Tutup Semua Akses Penerbangan dari Inggris Gegara Corona Baru

Tujuannya jelas, yakni mengecek surat edaran dari Satgas Nasional tentang bahwa setiap penumpang yang keluar dari Pulau Jawa itu harus menggunakan tes cepat antigen.

"Nah, setelah itu kami cek secara acak terhadap penumpang dari pesawat Batik Air ID 6220 Cengkareng-Pontianak pukul 14.30, dari penumpang itu kami ambil 24 sampel dan ternyata 5 orang itu positif Covid-19," kata Harisson.

Bila melihat surat keterangan dari penumpang lanjut Harisson, diketahui penumpang tersebut telah melakukan tes cepat antigen dengan hasil negatif.

Baca juga: Pilot Ini Dipecat karena Menularkan Covid-19 ke Rekannya

Akan tetapi, setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas kesehatan di Bandara Supadio, dengan melakukan tes usap Covid-19, sebanyak 5 orang justru terkonfirmasi positif Covid-19.

"Sebagai gambaran, berdasarkan tes acak tersebut, berarti 20 penumpang itu merupakan kasus konfirmasi dan ini perlu kita evaluasi, karena antigen ini mungkin saja tidak begitu efektif, dan yang efektif saat ini adalah tes PCR. Atau bisa saja, surat keterangan yang diberikan itu palsu, atau dilakukan buru-buru sehingga menyebabkan dia terjadi kesalahan, positif atau negatif," paparnya.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kemudian bersikap tegas dengan memberikan sanksi kepada maskapai Batik Air. Batik Air untuk sementara dilarang terbang membawa penumpang ke Pontianak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini