Mau Liburan ke Ternate? Jangan Lupa Bawa Surat Rapid Test Antigen

Antara, Jurnalis · Jum'at 25 Desember 2020 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 25 406 2333729 mau-liburan-ke-ternate-jangan-lupa-bawa-surat-rapid-test-antigen-pxABqbC9Iq.JPG Petugas melakukan tes antigen kepada pelaku perjalanan (Foto: Antara/M Iqbal)

PEMERINTAH Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara bersiap memberlakukan syarat rapid test antigen bagi pelaku perjalanan yang datang ke atau keluar dari wilayahnya melalui pelabuhan dan bandara.

Kepala Operasional Penanganan Satuan Tugas Covid-19 Kota Ternate, Arif Gani menegaskan, Satuan Tugas akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Wali Kota mengenai rencana pemberlakuan persyaratan tersebut.

"Kami akan koordinasi dulu dengan pihak Dinkes dan Pak Wali Kota, karena setahu saya itu baru berlaku di Pulau Jawa, karena ini juga dilihat dari angka kasus dan status kota," kata dia, Jumat (25/12/2020).

Dinas Kesehatan Kota Ternate sebelumnya menyatakan rencana untuk melakukan pemeriksaan antigen guna mendeteksi penularan virus corona pada warga yang melakukan perjalanan dari maupun ke Kota Ternate.

Baca juga: Tak Bawa Surat Tes Antigen, Pelancong Arah Puncak Bogor Disuruh Putar Balik

Sementara, Kepala Dinas kesehatan Kota Ternate, Nurbaity Rajabessy mengungkapkan, pemerintah kota sudah mendapat bantuan alat tes antigen dari Kementerian Kesehatan.

"Saat ini kita hanya menunggu Kepala Labkesda Kota Ternate Riny Aryanti Amra, kalau Beliau sudah datang langsung dilakukan penerapan rapid test antigen, sementara Beliau masih di luar daerah," kata Nurbaity.

Menurut dia, pelaku perjalanan yang keluar maupun masuk wilayah Ternate nantinya akan diwajibkan menjalani pemeriksaan untuk mendeteksi penularan Covid-19.

"Bagi siapa saja yang melakukan perjalanan keluar, baik keluar dari Malut atau pun keluar dari Ternate, wajib lakukan tes antigen," tegasnya.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini