Pacu Adrenalin di Jembatan Gantung Situ Gunung, Wisata Ikonik di Sukabumi

Chotimah, Jurnalis · Jum'at 25 Desember 2020 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 25 408 2333691 pacu-adrenalin-di-jembatan-gantung-situ-gunung-wisata-ikonik-di-sukabumi-XM4nP50fsN.JPG Jembatan gantung Situ Gunung di Sukabumi, Jawa Barat (Foto: Instagram/@yasirsr)

MENGITARI wilayah Sukabumi, Jawa Barat kurang lengkap jika tidak berkunjung ke salah satu wisata alam di sana. Salah satunya yakni Taman Wisata Alam Situ Gunung yang kini menjadi destinasi primadona bagi wisatawan.

Pasalnya, Anda akan mendapati pesona samudera alam dan jembatan gantung yang melintang panjang.

Berada di ketinggian 850 meter di atas permukaan laut (mdpl), membuat Situ Gunung menjadi kawasan favorit untuk dikunjungi. Apalagi, pepohonan yang menjulang tinggi, menambah kesan eksotis pada objek wisata ini. Tak jarang akan terlihat bentangan alam dengan kabut yang menyelimuti area Taman Alam Situ Gunung.

Selain menikmati pemandangan hijau, Anda juga akan dimanjakan dengan kehadiran danau. Perpaduan alam bersama air jernih semakin terlihat asri sejauh mata memandang, di sana bisa menelusuri danau menggunakan perahu yang tersedia. wisatawan dapat berkeliling sembari menikmati keindahan sederet pohon pinus yang rindang.

Baca juga: 4 Curug di Sukabumi Pesonanya Menakjubkan

Jangan lupa untuk mengunjungi Curug Sawer, yang letaknya tak jauh dari kawasan danau. Saat tiba Anda bisa langsung mendengar suara deburan air terjun dengan debit air cukup tinggi, inilah salah satu spot foto yang menjadi daya tarik wisatawan.

Bagi yang ingin menguji adrenalin, tempat ini menyediakan spot ekstrem yang kini menjadi incaran kaum milenial dalam sektor fotografi.

Inilah jembatan gantung yang membentang di antara pohon kanan dan kirinya dibatasi oleh jaring, sehingga aman dinaiki oleh wisatawan. Biasanya saat musim penghujan tiba Anda akan melihat kabut menutupi jembatan tersebut.

Saat berjalan, jembatan kayu ini akan sedikit bergoyang, apalagi sampai di tengah-tengah, adrenalin Anda akan terpacu ketika melihat bawah jembatan ini. Namun, jika beruntung pengunjung akan menjumpai seekor monyet ekor panjang yang berkeliaran sekitar jembatan gantung tersebut. Tempat ini juga sebagai ikon wisata primadona di mata para pecinta petualangan.

“Suspension Bridge adalah salah satu objek wisata iconic yang ada di Sukabumi. Jembatan gantung ini yang terpanjang di Indonesia, kamu bisa lihat Gunung Gede Pangrango dan jurang-jurang yang dalam. Setiap akhir pekan selalu ramai, maka datang di waktu pagi hari ya,“ tulis akun instagram @yasirsr, dikutip Okezone, Jumat (25/12/2020).

Jika berniat menginap, terdapat camping ground dan tempat penginapan di sekitar Taman Alam Situ Gunung. Pengunjung juga bisa mengikuti kegiatan selama berada di wisata ini seperti api unggun, tracking dan outbond. Tak lupa fasilitas yang tersedia antara lain toilet, warung dan wifi.

Untuk memasuki Situ Gunung pelancong akan dikenakan tiket masuk seharga Rp16.000 (weekday) dan pada weekend dikenakan Rp18.500 (tiket taman wisata). Namun, khusus untuk area wisata jembatan dibanderol cukup tinggi, yakni senilai Rp50.000 sudah termasuk akomodasi wisata lainnya.

Wisata ini terletak di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango tepatnya di Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat atau sekitar 30 menit dari Kota Sukabumi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini