Piknik ke Cipanas, Belasan Wisatawan Jalani Rapid Test Antigen

Antara, Jurnalis · Sabtu 26 Desember 2020 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 26 406 2334112 piknik-ke-cipanas-belasan-wisatawan-jalani-rapid-test-antigen-o2riHzfmVc.JPG Pemeriksaan dokumen rapid test antigen di jalur wisata Cipanas, Cianjur, Jawa Barat (Foto: Antara/Ahmad Fikri)

GUGUS Tugas Covid-19 Cianjur, Jawa Barat, melakukan rapid test antigen terhadap belasan orang wisatawan yang tidak mengantongi surat keterangan bebas Covid-19 saat mengunjungi tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas menjelang libur akhir pekan.

Sementara, sebagian besar wisatawan lain memilih balik kanan begitu melihat petugas yang menghentikan kendaraan dari luar kota untuk pemeriksaan surat bebas Covid-19.

Kasatpol PP Cianjur, Hendri Prasetyadi mengatakan, belasan orang wisatawan yang menjalani tes cepat antigen di tempat itu, tidak ada yang positif maupun reaktif, sehingga pihaknya mengizinkan wisatawan untuk melanjutkan rencana berlibur di kawasan tersebut.

Baca juga: Jelang Libur Akhir Tahun, Reservasi Hotel di Berastagi & Samosir Capai 80 Persen

"Pemeriksaan terhadap 15 orang wisatawan itu, dilakukan di obyek wisata Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, Sevilage dan Kota Bunga. Pemeriksaan dengan melibatkan tim gabungan gugus tugas, Satpol PP, TNI/Polri dan relawan PMI," ujar Hendri.

Hingga libur natal, sambung dia, pihaknya menilai sebagian besar wisatawan yang berlibur ke wilayah Cianjur, tidak mengantongi surat keterangan bebas Covid-19, sehingga belasan orang pada hari pertama digelarnya pemeriksaan di sejumlah tempat wisata, terjaring tidak membawa surat yang sifatnya wajib bagi wisatawan sebelum masuk Cianjur.

Hal tersebut, lanjut Hendri, berdasarkan SK Gubernur Jabar, sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus berbahaya yang saat ini, menular secara sporadis. Sehingga gugus tugas Covid-19 Cianjur, mewajibkan setiap wisatawan yang akan menghabiskan libur panjang natal dan tahun baru membawa surat keterangan bebas Covid-19 antigen.

Sementara itu, Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, setiap wisatawan yang hendak menghabiskan libur panjang natal dan tahun baru di kawasan Cianjur, wajib membawa surat keterangan bebas Covid-19 sebagai upaya menekan angka penularan yang terus meningkat sejak satu bulan terakhir.

Bahkan pihaknya meminta gugus tugas untuk mendirikan pos pemeriksaan di sejumlah tempat wisata dan pemeriksaan ketat di perbatasan, sehingga pendatang atau wisatawan yang tidak mengantongi surat keterangan akan diarahkan pulang kembali ke kota asalnya.

"Kami tidak mau mengambil risiko dengan menerima pendatang atau wisatawan tanpa surat keterangan bebas Covid-19 antigen. Mereka yang tidak membawa dapat melakukan tes cepat antigen di check point yang ada di sejumlah titik mulai dari perbatasan dan tempat wisata," ucap Herman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini