Libur Akhir Tahun Tiba, Yuk Jelajahi 4 Wisata Bukittinggi Paling Populer

Chotimah, Jurnalis · Minggu 27 Desember 2020 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 26 408 2334263 libur-akhir-tahun-tiba-yuk-jelajahi-4-wisata-bukittinggi-paling-populer-hXQ4dN2mAj.jpg Indahnya Ngarai Sianok. (Foto: Indonesiatravel)

LIBUR akhir tahun tiba, saatnya mengajak keluarga Anda untuk berlibur ke salah satu destinasi wisata yang berada di Sumatera Barat, yaitu Bukittinggi. Kota yang dijuluki sebagai Paris van Sumatera menyimpan berbagai macam objek wisata antara lain, wisata edukasi, kuliner dan alam.

Wisatawan lokal maupun mancanegara tak sedikit yang penasaran dengan wisata Kota Bukittinggi. Jam Gadang adalah salah satu destinasi wisata populer di sana.

Lebih lanjut, berikut 4 destinasi wisata populer di Bukittinggi yang wajib Anda kunjungi. Yuk simak ulasannya selengkapnya!

Jam Gadang

 jam gadang

Mengitari sekitar Bukittinggi rasanya kurang lengkap jika tak mengunjungi ke salah satu ikon di sana yakni Jam Gadang. Jam Gadang merupakan salah satu objek wisata yang menjadi titik pusat dari Bukittinggi dan juga berada di kawasan Taman Sabai Nan Aluih atau tepatnya di depan Istana Bung Hatta. Wisatawan lokal maupun mancanegara selalu datang ke salah satu menara setinggi 26 meter ini guna sekadar mengambil foto atau nongkrong di sekitar area tersebut.

Saat berada di monumen ini, Anda juga bisa berkeliling taman sambil menikmati megahnya jam raksasa dengan ukuran 13x4 meter. Untuk menambah kenyaman di sini, ada sederet kursi sebagai tempat duduk untuk bersantai. Selain itu, kepopuleran bangunan yang mirip dengan Big Ben di London ini ternyata mengundang perhatian banyak orang, termasuk David Chalik.

“Jam Gadang, waktunya pulang kampuang melihat langit biru dan cuaca cerah, “ dikutip dalam laman instagram @davidchalik.

Jam tersebut didirikan pada 1926 oleh arsitek Yazin dan Sutan Gigi Ameh yang merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker. Hal itu pula membawa sebuah bangunan Jam Gadang sebagai penanda atau markah tanah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Pada Jam Gadang ini Anda juga dapat menikmati keindahan panorama alam yang ada di Kota Paris Van Sumatera.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno: Sertifikasi CHSE "Vaksin" bagi Pariwisata Indonesia

Ngarai Sianok

Gemar dengan wisata alam yang eksotis? Nah, Ngarai Sianok ini cocok sebagai alternatif tempat wisata Anda. Lembah curam yang terletak di perbatasan Kota Bukittinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat kini mulai digandrungi oleh wisatawan karena memiliki pemandangan yang indah. Sudah semestinya, dinobatkan sebagai salah satu objek wisata utama di provinsi Sumatera Barat.

"Saat berada di puncak tebing, Anda bakalan bisa liat aliran air sungai sejauh mata memandang dan rumput hijau alami yang masih belum tercemar sama sekali," kata Lutfi, salah satu pengunjung kepada Okezone.

Diketahui, jurang ini dalamnya sekitar 100 meter membentang sepanjang 15 km dari sisi Selatan Nagari Koto Gadang sampai Nagari Sianok Enam Suku. Ngarai Sianok merupakan tempat wisata yang dikelilingi oleh bukit-bukit bertebing dengan sungai yang mengalir pada dasarnya. Terdapat berbagai macam flora dan fauna seperti bunga Refflesia, tumbuhan obat-obat, monyet ekor panjang, rusa dan lainnya. Untuk tiket masuk dibagi menjadi dua jenis yaitu domestik dan mancanegara. Wisatawan domestik mengeluarkan biaya sekitar Rp10.000 hingga Rp15.000 sedangkan wisatawan mancanegara merogoh kocek sebesar Rp25.000.

Lubang Jepang

Tak jauh dari objek wisata Ngarai Sianok, Lubang Jepang kini sebagai tempat wisatawan yang menjadi buah bibir masyarakat Bukittinggi. Wisata ini termasuk kedalam wisata edukasi, karena di dalamnya mengusung konsep yang bersejarah. Banyak wisatawan yang hadir untuk memecahkan rasa penasaran akan soal terowongan yang disebut sebagai tempat perlindungan tentara pendudukan Jepang.

Objek wisata Lubang Japang sangat populer di kalangan wisatawan, terutama bagi mereka yang suka melakukan uji nyali. Pasalnya, ada beberapa ruangan yang berfungsi sebagai ruang penyiksaan. Kawasan ini berlokasi di Jalan Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramal, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

Baca Juga: Natal, Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Manado hingga Ambon

Janjang Saribu Bukittinggi

Siapa yang tidak tahu dengan wisata Janjang Saribu? Objek wisata ini sangat terkenal di Bukittinggi, pasalnya sering disebut sebagai miniatur tembok Cina. Janjang Saribu merupakan sebuah tembok besar dengan deretan anak tangga yang sangat panjang. Anda akan merasakan sensasi yang menarik saat menaiki anak tangga maupun setelah sampai di atas. Maka, tak banyak wisatawan berkunjung hanya sekadar mengambil lanskap pemandangan sekitar yang eksotis.

Tembok besar ini membentang luas di sepanjang kawasan Ngarai Sianok. Objek wisata ini berlokasi di Kayu Kubu, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi. Di sini Anda akan temukan Tembok China versi Bukittinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini