Dibuka Usai Natal, Ancol Langsung Diserbu 41.000 Wisatawan

Sabir Laluhu, Jurnalis · Minggu 27 Desember 2020 20:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 27 408 2334602 dibuka-usai-natal-ancol-langsung-diserbu-41-000-wisatawan-uXCz9z21TK.jpg Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara (Okezone.com/Heru)

TAMAN Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara sempat ditutup saat Natal, Jumat 25 Desember 2020. Namun, begitu dibuka kembali mulai Sabtu kemarin, langsung dikunjungi 41.000 orang. Rinciannya, 21.000 pengunjung pada Sabtu, sedangkan 20.000 orang lagi, Minggu (27/12/2020).

"Sesuai dengan pencatatan kami, yang masuk area gerbang Ancol itu jam 4 sore ini sudah tercatat 20.000 pengunjung. Kemarin itu pengunjung sekitar 21.000," ujar Corporate Communication Manager Ancol Rika Lestari saat berbincang dengan MNC Portal di kawasan Ancol.

Baca juga:  Weekend Tetap Buka, Ancol dan TMII Bisa Jadi Alternatif Liburan Natal

Rika mengatakan, jumlah pengunjung tersebut bisa tercatat karena sepanjang libur Natal 2020 Ancol memberlakukan tiket elektronik. Pembelakuan tiket elektronik juga sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan.

Selain itu, untuk penerapan protokol kesehatan maka para pengunjung diwajibkan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

"Protokol kesehatan sudah terus kami lakukan sejak kembali dibuka pada 20 Juni yang lalu. Dan, ini kami bungkus dalam tema namanya 'Senang Selamat Bareng-Bareng'. Ini menerapkan protokol kesehatan 3 M yang utama," tegasnya.

 

Untuk penegakan penerapan protokol kesehatan, ujar Rika, pihak Ancol juga melakukan patroli secara berkala di seluruh kawasan. Pihak Ancol, kata dia, dibantu berbagai pihak untuk patroli. Mulai dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI, dan Kepolisian.

"Ini kami dibantu pemantauan patroli melalui kerja sama satpol PP, TNI, dan Kepolisian," bebernya.

Baca juga:  Libur Natal, 7.561 Wisatawan Kunjungi TMII

Rika membeberkan, untuk sejumlah arena memang dibatasi waktu operasionalnya. Alasannya, mereka menyesuaikan jam operasional seperti Dunia Fantasi, Sea World, dan Ocean Dream Samudra.

Arena ini dibuka jam 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Sedangkan untuk gerbang masuk Ancol sudah dibuka sejak pukul 06.00 WIB.

"Ini memang sudah kami lakukan kami lakukan jam operasional sejak kami buka kembali sejak Juni lalu," paparnya.

Dia menambahkan, untuk persiapan libur akhir tahun 2020 dan jelang Tahun Baru 2021, pihak Ancol melakukan persiapan reguler. Pengamanan internal Ancol dibantu oleh pihak Kepolisian.

Di sisi lain, Rika menginformasikan bahwa pada Ancol ditutup pada tanggal 31 Desember 2020 dan tanggal 1 Januari 2020.

"Kami menutup operasionalnya sesuai arahan atau instruksi dari Pemprov DKI Jakarta," ungkapnya.

Rika mengungkapkan, bagi pengunjung Ancol yang akan datang setelah libur Natal dan Libur Tahun 2020 maka pihak Ancol mempersilahkan. Tetapi jam operasional Ancol tetap sama.

Bagi para pengunjung yang nanti berencana datang ke Ancol, maka diimbau agar memesan tiket secara elektronik dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Membeli tiket secara online karena itu mengurangi kontak fisik dan juga agar kami bisa mendata ada berapa banyak pengunjung yang sudah masuk kawasan Ancol," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini