Jernihnya Danau Paisu Pok bak Kaca, Wisata Andalan Banggai Sulteng

Chotimah, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 408 2334851 jernihnya-danau-paisu-pok-bak-kaca-wisata-andalan-banggai-sulteng-dTDlAPAsuh.jpg Wisata Danau Paisu di Banggai. (Foto: Instagram @shannondorothea)

BAGI para pencinta alam, Anda bisa berkunjung ke salah satu objek wisata di Sulawesi Tengah, yakni Danau Paisu Pok Luk Panenteng. Objek wisata ini disebut-sebut sebagai surga tersembunyi bagi wisatawan.

Tempat ini akan menawarkan panorama air jernih kebiruan yang dikelilingi oleh pohon rindang. Nuansa alam yang masih kental menambah kesan natural pada Danau Paisu Pok.

Pengunjung yang datang bisa langsung menikmati luasnya perairan dengan menggunakan perahu motor, serta pepohonan yang mengelilinginya membuat tempat ini semakin eksotis. Terlebih pantulan cahaya matahari memberikan refleksi yang memukau.

Dilansir dari Instagram @indonesiajuara, danau yang masih alami dan terjaga kelestarian alamnya. Inilah labuan cermin Sulawesi, danau terlihat seperti kaca bening serta dipadu dengan kayu pohon yang ada di dalam air.

Baca Juga: Berada di Kaki Gunung Dempo, Agrowisata Pagaralam Sangat Potensial

Fakta dari penamaan objek wisata ini sangat unik karena Danau Paisu Pok yang berarti air hitam. Hal itu bisa dilihat dari kejauhan bahwa kawasan berair ini memiliki warna hitam. Masyarakat sekitar menyebut, rupanya berasal dari pantulan rumput serta aneka tumbuhan yang ada di dasar danau sehingga membuat air itu terlihat lebih gelap.

danau

Untuk menikmati pemandangan air bening bagai kaca ini, Anda harus mendaki selama 10 menit dari tempat parkir dengan melewati hutan, tak perlu khawatir tiket masuk hanya dibanderol seharga Rp10.000 saja.

Saat tiba di lokasi, wisatawan tak hanya bisa menyusuri danau saja. Melainkan, dapat juga melakukan kegiatan seperti berenang sambil diving, sekaligus melihat keindahan bawah air tawar ini. Tempat tersebut sering menjadi spot intagenic bagi pengunjung.

Baca Juga: Tarif Penginapan di Wisata Pantai Kendari Melonjak Jelang Libur Akhir Tahun

“Airnya tawar tapi bersebelahan persis sama laut. Saking jernihnya, sampai kelihatan ke dasar danau, biru banget kayak diwarnain deh beneran dan masyarakat sekitar juga sopan banget. Tempatnya bagus its dreamlike," tulis akun instagram @ade.tandra.

 danau

Objek wisata alam ini berlokasi di tempat terpencil jauh dari keramaian, tepatnya di Desa Luk Panenteng, Kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 87 kilometer dari Pusat Kota Salakan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini