Berkunjung ke Lembah Tumpang Resort, Tempat Candi Borobudur dan Gito Bersatu

Jaya Wanda Puspa Bekti, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 408 2335125 berkunjung-ke-lembah-tumpang-resort-tempat-candi-borobudur-dan-gito-bersatu-X5Bg66HA6q.jpg Salah satu taman di resor Malang. (Foto: Instagram ovisofia)

BANYAK tempat wisata viral di Malang, Jawa Timur yang cocok untuk rekreasi sambil menginap. Salah satunya adalah Lembah Tumpang Resort.

Lembah Tumpang Resort berlokasi di Jalan Slamet Gg. Gumuk Agung, Glanggang, Slamet,Tumpang, Malang, Jawa Timur. Tempat wisata ini bernuansa kerajaan khas Hindu-Budhha, namun dipadukan dengan unsur modern yang tampak kekinian.

Walaupun resor, namun pengunjung diperbolehkan masuk untuk sekadar rekreasi dan melihat pemandangan indah tempat ini. Biaya masuknya dibanderol seharga Rp60 ribu/orang (sudah termasuk pajak dan kolam renang).

Dari pintu masuk pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan sawit yang sangat rimbun dan tertata rapi. Nuansa asri dan sejuk sangat sedap untuk dipandang.

Hampir di seluruh sudut tempat ini dihiasi oleh bangunan arca dewa dewi dan patung khas kerajaan Hindu-Buddha.

Baca Juga: Menginap di Kamar Magical Alice in Wonderland, Staycation Jadi Makin Seru

candi

(Instagram @rudicayo)

Lebih menarik dari tempat ini adalah terdapat dua bangunan candi, yaitu replika Candi Borobudur dan Candi Gito yang merupakan perpaduan dari candi khas kerajaan Majapahit juga Singasari.

Tak salah jika tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, karena memang suguhan keteduhan dan eksotikanya akan membuat siapapun terpana.

Selain candi dan arca, tempat ini menyediakan banyak fasilitas kolam renang anak-anak dan dewasa. Kemudian terdapat pula aliran sungai yang di dalamnya berisi banyak ikan-ikan sehat. Lalu ada pula kolam yang berisi angsa-angsa putih nan cantik.

Objek wisata ini seperti surganya spot foto instagenic, mulai dari pintu masuk hingga setiap sudut tempat ini terlihat sangat artistik dan instagenic. Terlebih jika berfoto dengan background candi yang tampak eksotis.

Pengelola mungkin sudah memprediksi bahwa tempat ini akan ramai dikunjungi wisatawan. Maka dari itu lahan parkir yang tersedia sangat banyak dan pengunjung dapat memilih ingin parkir di tempat mana, karena memang di setiap kolam terdapat lahan parkir untuk memudahkan pengunjung agar tidak jalan terlalu jauh.

"Di sini ada beberapa spot parkir tapi enaknya kita bisa milih mau parkir di mana tergantung kolam mana yang mau kita pakai," ungkap salah seorang wisatawan yang dikutip dari channel YouTube Niko_Channel.

Baca Juga: Percepat Pembangunan 5 Destinasi Super Prioritas, Sandiaga Diminta Luhut Lakukan Ini

Dengan suguhan budaya kerajaan yang kental, selain untuk berekreasi tempat ini pun bisa dijadikan sebagai sarana edukasi mengenai arca dan bangunan khas kerajaan Hindu Budha di Indonesia.

Fasilitas yang tersedia sangat memadai, yakni ada toilet, musholla, kolam berenang, tempat parkir luas, spot foto instagenic, gazebo, kafe, serta wahana Dino Park, Flying Fox dan River Tubing yang dapat dinikmati saat akhir pekan.

Tempat ini sangat di rekomendasikan bagi para pelancong yang ingin mencari destinasi wisata baru untuk berlibur bersama keluarga maupun kerabat. Jam operasional tempat ini mulai dari pukul 08.00-17.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini