5 Minuman Tradisional Yogyakarta, Hangat & Menyehatkan Tubuh

Salsabila Jihan, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 04:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 301 2335868 5-minuman-tradisional-yogyakarta-hangat-menyehatkan-tubuh-kQv5dXIBHb.JPG Jamu, minuman tradisional khas Nusantara (Foto: Shutterstock)

KULINER di Yogyakarta sangat beragam, sebagaimana destinasi wisata yang ada di sana. Kuliner yang kerap memanjakan lidah membuat perburuan kuliner di Kota Pelajar seolah tak ada habisnya. Sebab, manakala pernah mencobanya dijamin bakal membuat ketagihan.

Tak hanya makanannya saja yang menggugah selera, minuman tradisional khas Yogyakarta juga menghasilkan rasa yang khas. Selain itu, beragam minuman ini juga bisa untuk menghangatkan tubuh lho Okezoners.

Melansir dari akun Instagram @jogja, berikut minuman khas Yogyakarta yang wajib Anda dicicipi bila sempat berkunjung ke kota ini.

1. Kopi Joss

Kopi ini disajikan dengan cara yang unik dan memiliki cita rasa yang khas. Keunikan kopi joss adalah pada cara penyajiannya. Bukan dengan air hangat, kopi joss ini diseduh dengan sebongkah arang panas yang dicelupkan langsung ke dalam gelas kopi yang akan diminum.

Baca juga: 4 Spot Kuliner Ini Bikin Liburan ke Jogja Lebih Menyenangkan

Kopi Joss Yogyakarta

(Foto: Instagram/@angkringan_makjoss)

Arang panas yang akan dicelupkan ke dalam gelas, sudah diketuk-ketuk terlebih dahulu untuk memastikan debu-debu tersingkir dan aman untuk dicelupkan ke dalam gelas berisi kopi.

"Kamu bisa menikmati kopi jos di Kedai Kopi Jos Lik Man (Jalan Wongsodirjan) atau Kedai Kopi Joss Pak Agus," tulis @jogja.

2. Wedang Uwuh

Wedang uwuh memiliki ciri khusus, yaitu warna merah yang akan muncul secara alami karena adanya campuran kayu secang.

Wedang Uwuh

(Foto: Instagram/@wedanguwuh.berkawan)

Minuman hangat ini terbuat dari berbagai rempah-rempah Nusantara. Maka tak heran bila wedang uwuh ini memiliki rasa yang agak pedas karena adanya kandungan jahe.

Anda bisa menikmati minuman ini di First Uwuh Imogiri, Jalan Brigjen Katamso atau Wedang Uwuh Jogja di Jalan Mawar.

3. Wedang Ronde

Ronde terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan sedikit air dan dibentuk bulat,

"Ronde juga diisi dengan bola gelatin yang mengandung campuran gula dan kacang tanah," tulis akun @jogja.

Wedang Ronde

(Foto: Instagram/@sholmad)

Wedang ronde dapat dinikmati di kedai Lek Dhie Ronde, Jalan Dagen atau Ronde Mbah Payem, Jalan Kauman.

4. Bir Jawa

Minuman yang satu ini merupakan minuman khas bagi para raja di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang pada awalnya dicetus oleh Sultan Hamengkubuwono VII untuk menghangatkan badan.

Bir Jawa

(Foto: Instagram/@beerjawa)

Walaupun namanya bir, minuman ini tidak memabukkan dan tidak mengandung alkohol. Sebab bir Jawa ini dibuat dari bermacam rempah, seperti pandan, serai, kapulaga, cengkeh, dan kayu secang.

Rempah-rempah tersebut dimasak, kemudian airnya disaring. Lalu ditambah dengan air perasan jeruk nipis untuk memberikan rasa segar dan dikocok hingga berbuih seperti bir. Minuman ini bisa disajikan selagi hangat ataupun dingin. Anda dapat menikmati segelas bir ini di Bale Raos, Jalan Magangan Kulon.

5. Jamu

Jenis jamu yang paling populer, di antaranya kunyit asam, beras kencur, dan temulawak. Minuman tradisional yang satu ini sebenarnya sudah banyak tersebar di berbagai daerah.

Jamu Jogja

(Foto: Instagram/@kampungjamujogja)

Meski begitu, minuman tradisional Jawa ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan karena dibuat dari beragam daun herbal dan rempah untuk tujuan terapi pengobatan penyakit tertentu. Anda dapat menikmati jamu khas Yogyakarta ini di Warung Jamu Ginggang, Jalan Masjid Pakualaman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini