Pengunjung Tak Bermasker Dilarang Masuk ke Objek Wisata Agam

Antara, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 406 2335405 pengunjung-tak-bermasker-dilarang-masuk-ke-objek-wisata-agam-d1tKyvif0j.JPG Objek wisata Pantai Linggai di Agam, Sumbar (Foto: Antara)

DINAS Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Agam, Sumatra Barat, tidak mengizinkan pengunjung tanpa masker untuk memasuki ke objek wisata di wilayahnya. Langkah tegas itu diambil dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 selama musim liburan.

"Bagi pengunjung tidak memakai masker, tidak boleh memasuki kawasan objek wisata karena pengunjung wajib memakai masker dalam mencegah penyebaran Covid-19," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Syatria.

Syatria mengatakan, pengunjung juga diwajibkan mencuci tangan pakai sabun menjelang masuk kawasan objek wisata di lokasi yang telah disediakan.

Baca juga: Tempat Wisata Alam di Sumatra Barat, Pesonanya Memikat Traveler

Selain itu, ujar dia, diwajibkan pula untuk menjaga jarak antara pengunjung dengan pengunjung lainnya.

"Kami menyiapkan petugas keamanan di objek wisata dan petugas akan menegur pengunjung yang tidak memakai masker," tuturnya.

Dirinya mengakui bahwa jumlah kunjungan ke objek wisata di daerah itu meningkat signifikan selama libur Natal 2020.

Khusus objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Agam berupa Objek Wisata Linggai Park jumlah kunjungan sekitar 900 orang per hari dari hari biasa hanya 200 sampai 300 per hari.

Tak hanya itu, lanjutnya, jumlah kunjungan ke objek wisata yang dikelola pihak swasta juga meningkat.

"Hampir seluruh objek wisata di Agam ramai dikunjungi, karena objek wisata itu tujuan dari wisatawan di Sumbar, Riau, Jambi dan lainnya," imbuh Syatria.

Baca juga: Menikmati Pesona Surga Tersembunyi di Desa Pariangan, Sumatra Barat

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Syafrizal menambahkan pihaknya mengerahkan perahu di objek wisata Pantai Tiku dan objek wisata di Danau Maninjau.

Perahu beserta anggota Satgas itu berada di objek wisata tersebut setiap hari dalam mencegah pengunjung tenggelam.

"Ini bentuk antisipasi kita dalam mencegah pengunjung tenggelam saat mandi di pantai," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini