8 Negara Tetap Gelar Pesta Malam Tahun Baru 2021, AS hingga UEA

Ersa Ambarita, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 00:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 406 2335546 8-negara-tetap-gelar-pesta-malam-tahun-baru-2021-as-hingga-uea-Ir6e3cdWr5.jpg Perayaan tahun baru di Dubai (timeoutdubai.com)

TAHUN 2020 akan segera berakhir, seluruh penjuru dunia memiliki cara tersendiri untuk menyambut tahun baru 2021. Namun, ragam perayaan dan pesta tersebut akan berbeda dari sebelumnya karena kini dunia dilanda pandemi Covid-19.

Bahkan, beberapa negara telah menutup tempat wisata dan meniadakan pertunjukkan menuju 2021. Tindakan ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona, apalagi ada varian virus baru yang belakangan muncul di Inggris dan disebut lebih cepat menular.

Kendati demikian, sebagian negara ada yang tetap ingin menggelar pesta malam pergantian tahun 2020 ke 2021. Sejumlah persiapan kegiatan telah diumumkan. Masyarakat masih bisa menyaksikan cahaya lampu malam yang spektakuler secara virtual dan langsung.

Baca juga: WNA Dilarang Masuk ke Indonesia Per 1 Januari 2021, Apa Dampaknya ke Pariwisata?

Selain itu, atraksi dan antusias publik juga menjadi kunci bagaimana negara tersebut akan menciptakan suasana yang berkesan di tengah keterbatasan.

Berikut negara-negara yang memiliki pesta malam tahun baru 2021 ang menarik dan meriah, sebagaimana dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Selasa (29/12/2020).

Dubai, Uni Emirat Arab

Burj Khalifa akan menjadi saksi besar bagaimana penghitungan mundur tahun 2020 dilakukan. Di gedung tertinggi di dunia inilah pertunjukkan kembang api dan sinar laser dimainkan dengan meriah dan menarik.

Masyarakat dapat menonton acara tersebut pada pukul 20.30 waktu setempat. Rangkaian acara dibuat dengan dua konsep, yakni dapat disaksikan langsung dan bergabung secara virtual. Namun, otoritas setempat akan tetap menerapkan protokol kesehatan dan memasang kamera termal di berbagai tempat.

ilustrasi

Burj Khalifa (Wonderbustours)

"Zoom bangga dan merasa terhormat dapat mengambil bagian dalam acara monumental bersama Emaar, di mana platform kami akan memungkinkan orang dari seluruh dunia untuk berpartisipasi saat kita merayakan tahun baru," kata Abe Smith, Kepala Internasional di Zoom, seperti dikutip dari Kantor Berita Emirates.

Baca juga: Viral Curhat Pramugara Ganteng Korban PHK: Aku Harus Pulang ke Indonesia!

Istimewanya lagi, orang-orang akan diberikan kesempatan menyampaikan harapannya di tahun baru. Untuk mencobanya, setiap orang dapat mengirim tulisannya ke media sosial dengan tanda ‘#BurjWishes2021’, bagi yang beruntung, maka ungkapan dan gambarnya akan ditampilkan langsung di atas Burj Khalifa.

Sydney, Australia

Perayaan penutupan tahun akan dipegang oleh Negara Bagian Australia, dan bukan kotanya. Pesta kembang api khusus untuk anak-anak ditiadakan. Pertunjukkan tengah malam akan dikurangi 12 menit dari waktu normal.

Semua kegiatan hanya akan difokuskan di Jembatan Pelabuhan Sydney. Selain itu, turis asing dan masyarakat dapat menyaksikannya dari rumah.

“Menteri Pariwisata Stuart Ayres telah menyakinkan saya bahwa Pemerintah Negara Bagian akan bertanggung jawab penuh atas persiapan dan pendanaan kembang api, pengelolaan keramaian, keselamatan, lalu lintas dan transportasi, dan bersiap untuk membatalkan acara jika ada lonjakan kasus COVID,” kata Wali Kota Sydney, Clover Moore.

India

India memiliki tempat-tempat tertentu untuk menggelar pesta akhir tahun. Tapi, semua acara akan diawasi dengan ketat. Dimulai dari wilayah Goa yang menawarkan perayaan dengan nuansa budaya luar dan alam yang tenang.

ilustrasi

Di samping itu, beberapa kota lainnya juga akan menciptakan momen indah di penghujung tahun. Seperti di Mumbai, Manali, Gulmarg, Ooty, Delhi, Kolkata, dan masih banyak lagi. Setiap kegiatan di kota-kota ini memiliki perbedaan waktu dalam perayaannya. Dianjurkan semua orang tetap mengikuti protokol kesehatan.

London, Inggris

Wali Kota London, Sadiq Khan sempat mengumumkan jika selebrasi tahun baru 2021 bisa disaksikan secara langsung, namun putusan tersebut segera diubah untuk mengurangi penyebaran virus.

Ia kembali menyatakan, pihaknya akan menampilkan citra kota tersebut dengan suasana yang memikat. Warga bisa menikmati kegembiraan tersebut melalui televisi dan di media sosial.

“Kami tidak boleh kehilangan slot itu karena malam Tahun Baru adalah kesempatan yang sangat besar bagi seluruh dunia untuk melihat betapa indahnya kota kami. Terutama selama resesi, kami perlu terus berinvestasi di kota kami dan kepada orang-orang yang datang ke London,” ujarnya.

ilustrasi

Tahun baru di London (EPA)

Auckland, Selandia Baru

Auckland tengah bersiap menyambut tahun 2021 dengan acara yang megah. Dewan ATEED (Pariwisata Auckland, Acara dan Pembangunan Ekonomi) telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya bekerja sama dengan SkyCity, Vector Lights, dan Heart of the City untuk mengadakan sesuatu yang baru.

Seperti yang diketahui Auckland adalah kota besar pertama di dunia yang akan merayakan tahun baru dengan kemenangan tersendiri. Kota ini telah mengendalikan penyebaran Covid-19 dengan cepat.

Bangunan Sky Tower direncanakan akan menghiasi detik-detik malam di akhir Desember, kemudian semua itu akan dipadukan dengan pesta kembang api yang lebih luar biasa.

“Ini merupakan tahun yang penuh tantangan. Kami ingin menawarkan kepada orang-orang NSW (Negara Bagian Australia) dan orang-orang di seluruh dunia dengan sebuah tanda harapan,” pungkas Perdana Menteri NSW, Gladys Berejiklian.

ilustrasi

Edinburg, Soktlandia

Edinburg, Kota terbesar kedua di Skotlandia akan mementaskan acara puncak tahun secara daring selama tiga hari di laman edinburghshogmanay.com. Orang-orang bisa saling bersorak dari rumah masing-masing untuk menghidupkan suasana yang terbatas. Keunikan lainnya, Edinburgh's Hogmanay ini akan dihadirkan dengan program yang spektakuler.

Pergerakan visual yang indah akan dimulai setiap malam dari tanggal 28 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021. Kemudian pada 31 Desember 2020 cuplikan puisi yang ditulis Makar Jackie Kay akan diputar. Karya tersebut akan merefleksikan peristiwa dunia tahun ini, sebelum melihat pergantian tahun 2021.

New York, Amerika Serikat

Sukacita dan kesemarakan puncak tahun juga akan dilakukan secara virtual di New York, Amerika Serikat. Agenda kegiatan akan disamakan dengan acara tahun lalu. Akan ada penghamburan ornamen atau confetti, konser musik, jatuhnya “Time-Balls dan disusul dengan pemberian penghargaan kepada beberapa tokoh, seperti bagian medis.

Semua rentetan ini akan disiarkan langsung dari Times Square. Orang-orang yang datang di tempat ini akan dibatasi dan polisi akan menjaga setiap sudut lokasi.

“Satu hal yang tidak akan pernah berubah adalah waktu yang berdetak dan datangnya Tahun Baru pada tengah malam tanggal 31 Desember. Namun, tahun ini akan ada hal baru dan peningkatan yang signifikan,” kata Tim Tompkins, Presiden Times Square Alliance.

. Penawaran virtual, visual, dan digital untuk melengkapi hiburan atau pengalaman live terbatas apa pun, masih dalam pengembangan yang tentunya akan berlangsung di Times Square,” ujarnya.

Hong Kong

Hong Kong tetap menggelar pesta malam tahun baru 2021. Badan Pariwisata Hong Kong atau Hong Kong Tourism Board (HKTB) menyatakan untuk pertama kali malam tahun baru pada 31 Desember 2020 akan dirayakan secara daring atau online.

Perayaan hitung mundur Tahun Baru 2021 di Hong Kong ini dapat diikuti orang-orang di seluruh dunia baik menggunakan ponsel atau komputer yang terhubung jaringan internet .

Hitung mundur detik-detik penghabisan 2020 menuju 2021 akan langsung ditayangkan pukul 22.00 waktu Hong Kong di laman resmi serta platform media sosial HKTB di Facebook dan YouTube.

"Tepat di tengah malam, akan hadir video berdurasi dua menit yang menampilkan kemegahan Victoria Harbour yang disusul dengan pemandangan landmark Hong Kong yang ikonik, yang akan disandingkan dengan ucapan selamat tahun baru ke seluruh dunia," kata HKTB seperti dikutip dari Antara.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini