Pegawai Positif Corona, Wisata Candi Plaosan Ditutup

Selasa 29 Desember 2020 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 406 2335551 pegawai-positif-corona-wisata-candi-plaosan-ditutup-Ozb68LoZKt.jpg Ilustrasi Candi Plaosan. (Foto: Solopos)

OBJEK wisata cagar budaya Candi Plaosan di Klaten tutup sementara. Sebabnya ada satu pegawai dilaporkan positif corona.

Penutupan Candi Plaosan berlokasi di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten sudah berlangsung sekira dua pekan terakhir. Penutupan objek wisata ini dilakukan setelah seorang pegawai candi terkonfirmasi positif Covid-19.

"Setelah ada yang terkonfirmasi, kami segera lakukan koordinasi. Kami langsung melakukan sterilisasi agar tidak menjadi klaster baru ke petugas lain," kata Plt Kepala Disparbudpora Klaten, Sri Nugroho, dilansir Okezone Solopos.com.

Baca Juga: Ada Kasus Virus Corona Baru, Jepang Larang Wisatawan Masuk

Belum bisa dipastikan sampai kapan penutupan berlangsung. Disparbudpora masih berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah (Jateng) termasuk mempertimbangkan perkembangan kasus Covid-19 di Klaten.

Terkait objek wisata nonair lainnya, Nugroho menjelaskan masih diizinkan buka. Objek wisata itu seperti Bukit Sidoguro yang juga dikelola pemkab serta objek wisata alam lainnya yang dikelola badan usaha milik (BUM) desa. 

Sementara itu, sejumlah pengunjung hanya bisa melihat dan berfoto dari luar pagar lantaran Candi Plaosan masih ditutup pada Minggu 27 Desember 2020.

Beberapa ada yang berkeliling di sekitar kawasan luar candi. Sementara itu, pedagang suvenir dan makanan tetap membuka lapak mereka pada Sabtu dan Minggu meski sudah mengetahui Candi Plaosan masih tertutup untuk kunjungan wisata.

Baca Juga: Mulai Besok, Wisatawan ke Bromo Wajib Bawa Hasil Rapid Antigen

Salah satu pedagang makanan di sekitar Candi Plaosan, Muji, mengatakan penutupan sementara itu sudah berlangsung selama hampir sebulan terakhir. Penutupan objek wisata itu otomatis berimbas pada pendapatan para pedagang. "Saat buka lagi itu sudah mendingan. Ini tutup lagi kembali sepi," kata dia.

Muji belum mengetahui kepastian Candi Plaosan kembali buka. Pedagang saat ini hanya bertahan membuka lapak mereka terutama saban akhir pekan tiba dan berharap ada pembeli yang berdatangan. "Harapannya bisa buka lagi dan jualan kembali ramai," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini