Coba 5 Ide Ini Agar Liburan Akhir Tahun Bareng Keluarga Lebih Berkesan

Salsabila Jihan, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 406 2335563 coba-5-ide-ini-agar-liburan-akhir-tahun-bareng-keluarga-lebih-berkesan-7eORfubzOX.jpg ilustrasi (stutterstock)

LIBURAN akhir tahun asyiknya dimanfaatkan dengan kumpul bersama keluarga tercinta lalu mengunjungi destinasi wisata, sehingga terasa lebih berkesan.

Soal destinasi wisata, Indonesia tentunya memiliki banyak tempat yang bisa dijadikan tempat untuk liburan bersama keluarga.

Baca juga:  Mulai 1 Januari 2021, Indonesia Tutup Pintu Masuk Warga Asing dari Semua Negara

Agar tidak bingung untuk mencari ide liburan akhir tahun bersama keluarga rekomendasi di bawah ini bisa Anda jadikan referensi untuk berlibur. Namun jangan sampai lupa untuk selalu membawa hygiene kit dan menaati selalu protokol kesehatan.

Melansir Indonesia Travel, Selasa (29/12/2020), berikut rekomendasi liburan bersama keluarga yang bisa Anda coba.

Seru-Seruan di Alam Bebas, Pergilah ke Bogor

Bogor memiliki banyak tempat wisata yang family friendly sehingga seluruh anggota keluarga bisa menikmati perjalanan wisatanya.

Misalnya bertamasya seru di Kebun Raya Bogor. Tidak hanya dipenuhi pepohonan rimbun yang membuat udara di sini sejuk, tetapi ada juga beberapa bangunan yang berdiri di sini, salah satunya Museum Zoologi yang menyimpan berbagai kerangka binatang.

ilustrasi

Kebun Raya Bogor

Anda juga bisa melanjutkan perjalanan ke daerah Puncak. Di puncak banyak tersedia penginapan yang sudah memiliki berbagai fasilitas seru dan lengkap ditambah dengan udaranya yang masih sejuk dan dingin.

Bertualang Menjajal Olahraga Ekstrem, Ada Pulau Dewata

Banyak kegiatan seru yang bisa Anda coba bila datang ke Bali, mulai dari sea walking di Pantai Sanur, menaklukan ombak dengan ski air di Bukit Timbis, hingga terbang melayang di langit Tanjung Benoa dengan paralayang atau flyboarding.

Baca juga: Viral Curhat Pramugara Ganteng Korban PHK: Aku Harus Pulang ke Indonesia! 

Bisa juga ajak anak Anda bertualang menikmati panorama alam Bali yang hijau sambil bermain ATV di Desa Payangan, Desa Taro, Desa Singapadu, atau Desa Bongkasa Pertiwi.

Belajar Budaya dan Sejarah Nusantara, Yuk ke Magelang dan Yogyakarta

Liburan sambil belajar tidak ada salahnya juga, lho. Di Magelang dan Yogyakarta berdiri beberapa museum dan bangunan bersejarah, seperti Museum Ullen Sentalu dan Keraton Yogyakarta. Setelah itu, lanjut ke Candi Borobudur di Magelang dan Candi Prambanan di Sleman.

 

Jangan sampai lupa juga untuk menikmati sederet kuliner tradisional yang lezat. Misalnya mulai dari daerah Malioboro, ada gudeg, lumpia, sate kere, oseng-oseng mercon, dan angkringan.

Anak-anak juga bisa bermain di alun-alun berkeliling dengan andong atau mobil neon.

Berburu Pernak-Pernik Antik di Solo

Jika ingin membeli pernak-pernik antik di Solo, coba datang ke Pasar Tri Windu. Di pasar ini bisa ditemukan pernak-pernik antik, mainan tradisional, hingga perabotan antik.

Selain itu, produk fesyen dengan keindahan lokal yang otentik juga bisa Anda temukan di sini. Tentunya tidak kalah dengan produk luar negeri.

Dengan berbelanja di pasar tradisional, secara tidak langsung Anda telah membantu pertumbuhan UMKM lokal juga, lho.

Memanjakan Diri di Sumba

Akhir tahun jangan lupa juga untuk memanjakan diri sendiri agar pikiran lebih segar untuk menyambut tahun yang baru, misalnya di salah satu resor terbaik di dunia yang ada di Sumba, yaitu Nihi Sumba.

 ilustrasi

Nihi Sumba

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Nihi Sumba, yaitu yoga, meditasi, dan Nihioka Spa Safari yang merupakan campuran spa dengan trekking singkat yang memiliki pemandangan sawah, perbukitan, dan desa tradisional Sumba.

Selain itu, ada berbagai aktivitas seru lainnya yang menarik untuk dicoba bersama keluarga, seperti berenang bersama kuda, belajar tenun ikat Sumba, hingga bersepeda.

Nihi Sumba juga menawarkan aneka kegiatan edukatif yang bisa dilakukan oleh anak-anak, mulai dari kelas tari tradisional Sumba, perburuan harta karun, membuat kerajinan tangan dari bahan daur ulang dan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini