Pantai Sawarna, Serpihan Surga di Tanah Jawara

Salsabila Jihan, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 408 2335500 pantai-sawarna-serpihan-surga-di-tanah-jawara-MpBzTJjSUc.JPG Pantai Sawarna di Kabupaten Lebak, Banten (Foto: Instagram/@alehartzler69)

BANTEN terkenal dengan keberadaan pantainya yang indah. Salah satunya ialah Pantai Sawarna.

Pantai Sawarna kerap dijuluki sebagai surga tersembunyi di Tanah Jawara. Pantai Sawarna terletak di Jalan Sawarna Kilometer (KM) 12 Nomor 1, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

Mengutip laman resmi Pemprov Banten, kata 'Sawarna' kerap diartikan satu warna sebagai cerminan dari persatuan dan kesatuan masyarakat Sawarna yang berbagai dari berbagai suku bangsa itu. Sedangkan pendapat lain menyebutkan bahwa kata tersebut berasal dari bahasa Sansekerta 'Swarna' yang berarti emas seperti diungkapkan oleh seorang pakar geowisata.

Baca juga: Objek Wisata Banten Siap Dibuka, Yuk Staycation di Tanjung Lesung

Keindahan Pantai Sawarna tak kalah dengan pantai-pantai lainnya yang menghiasi alam Banten.

Sawarna sebenarnya merupakan nama sebuah desa wisata di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

Panorama indah menghadap Samudera Hindia, berpasir putih, air yang biru jernih, dan miliki bukit hijau, serta dihiasi karang menjadi daya tarik yang dimiliki Pantai Sawarna.

Lantaran letaknya yang menghadap langsung ke Samudera Hindia, ombak besar dan arus kuat pantai ini sering dijadikan sebagai spot surfing atau berselancar.

Pantai Sawarna memilki 6 pantai saling berdampingan, di antaranya Pantai Karang Taraje, Pantai Karang Seupang, Pantai Teluk Legon Pari, Pantai Tanjung Layar, Pantai Ciantir, dan Pantai Karang Bokor.

Selain itu, pantai ini juga memiliki satu gua indah yang bernama Goa Lalay. Gua yang memiliki kedalaman 10-15 kilometer ini tidak seperti gua pada umumnya.

Hampir seluruh isi gua terendam dengan air yang tingginya bisa mencapai betis orang dewasa. Goa ini juga dipenuhi dengan kelelawar.

Pantai yang memiliki panjang 65 kilometer ini sering dihubungkan dengan kisah Nyi Roro Kidul karena letaknya di desa pesisir selatan.

Untuk berwisata ke Pantai Sawarna ini ada beberapa jalur yang bisa dilalui, salah satunya dari Jakarta menuju ke Serang lalu dilanjutkan ke Pandeglang menuju ke Saketi, Malingping, Desa Bayah, dan akhirnya tiba di Desa Sawarna atau Pantai Sawarna.

Cukup membayar tiket Rp5.000 per orang, Anda sudah dapat menikmati pesona keindahan Pantai Sawarna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini