Libur Tahun Baru di Yogyakarta, Yuk Jalan-Jalan ke 5 Desa Wisata Paling Asri

Chotimah, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 408 2335519 libur-tahun-baru-di-yogyakarta-yuk-jalan-jalan-ke-5-desa-wisata-paling-asri-AsjaITNCeF.jpg Desa Wisata Kembangarum. (Foto: Instagram)

MEMASUKI libur Tahun Baru 2021 membuat banyak orang berburu destinasi sebagai tujuan liburan mereka. Salah satu kota yang kini semakin menjadi kawasan favorit bagi pelancong yakni Yogyakarta.

Jika memilih Yogyakarta sebagai tujuan liburan akhir tahun Anda, tak ada salahnya untuk berkunjung ke salah satu wisata menarik yang ada di kota ini. seperti banyak deretan desa wisata asri di Yogyakata.

Selain bisa mendapatkan pengalaman seru dan menyenangkan, Anda juga bisa belajar mengenai kebudayaan Jawa. Dilansir dari laman Instagram @liburan.dijogja, berikut 5 destinasi desa wisata cocok buat liburan di Yogyakarta.

Desa Wisata Kembangarum

Berlokasi di Kembang Arum, tepatnya di Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta atau sekitar 19 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Wisata ini menawarkan panorama perkebunan yang asri serta berbagai macam aktivitas yang bisa diikuti, seperti membajak sawah, menanam padi, membuat ketupat dengan janur, belajar gamelan hingga berburu. Desa ini bernuansa tradisional yang masih kental, karena terkenal akan tempat wisata budayanya. Anak-anak akan diajak untuk belajar seni dan menikmati wahana outbond di Desa Wisata Kembangarum.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat memanjakan mata dengan melihat hamparan sawah hijau, sungai air jernih dan deretan pohon salak di setiap pinggir area wisata. Jika berniat menginap, ada tempat penginapan berupa rumah joglo yang unik. Desa mulai buka pukul 08.00-16.00 WIB.

Baca Juga: 5 Kegiatan Bikin Liburan ke Cimory on the Valley Semarang Jadi Berkesan

Desa Wisata Krebet

Bagi yang ingin liburan akhir tahun dengan rasa yang berbeda, bisa kunjungi Desa Wisata Krebet di Desa Sindangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, DIY. Desa ini berkonsep layaknya galeri batik karena pengunjung akan mendapati pajangan ukiran batik kayu di sepanjang jalanan kampung.

Uniknya, masyarakat Krebet membuat kerajinan batik menggunakan media kayu yang nanti akan dipajang sebagai daya tarik wisatawan. Selain belajar membatik, juga bisa menikmati kuliner khas tradisional dan menginap di homestay yang tersedia di Desa Wisata Krebet. Tempat ini menjadi situs wisata edukasi dan budaya untuk pengunjung. Mulai beroperasi pada setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB.

Desa Wisata Pulesari

 desa

Wisata ini adalah sebuah desa yang ada di Yogyakarta. Bernuasa wisata alam dan budaya menjadi daya tarik bagi pengunjung. Letaknya di Dusun Pulesari, Wono Kerto, Turi, Kabupaten Sleman, DIY. Tempat ini juga menawarkan wahana seru lainnya, seperti outbond, tracking Sungai Bedog, wisata ke goa sejarah dan masih banyak lagi.

Wisatawan akan diajak untuk memetik salak secara langsung dari pohonnya, yang nanti menjadi berbagai macam produk olahan. Di sini Anda bisa menemukan sederet pohon salak yang ada di sekitar area objek wisata. Tak jarang, pengunjung juga turut menginap di salah satu homestay yang tersedia. objek wisata ini buka selama 24 jam.

“Yang suka main di outdoor dan tempat-tempat asri, harus banget nyobain blusukan ke desa wisata ini. Di sini banyak kegiatan seru, seperti petik salak, wisata goa dan susur sungai, airnya jernih banget enggak boong," tulis akun instagram @afifahluthfiyati, dikutip Okezone, Selasa (29/12/2020).

Desa Wisata Nglinggo

 desa

Mengitari pedesaan biasanya hanya berjalan kaki, namun berbeda hal dengan Desa Wisata Nglinggo ini karena menawarkan mobil jeep yang tersedia untuk wisatawan berkeliling desa. Traveler bisa keliling dengan melewati medan ekstrem seperti tanjakan, turunan hingga lewat sungai dan hutan pinus.

Kawasan ini punya daya tarik alam pegunungan, air terjun Watu Jonggol, perkebunan teh dan kopi. Pengunjung juga dapat memetik teh sekaligus belajar membuat gula aren di Desa Wisata Nglinggo. Berlokasi di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, DIY.

Di sini ada atraksi budaya seperti Tari Lengger Tapeng sebagai suatu tradisi masyarakat setempat. Pengunjung bisa menemukan spot foto instagenic. Jika ingin menginap, wisata ini ada tempat penginapan atau homestay bernuansa khas pedesaan. Objek wisata mulai buka pukul 09.00-17.00 WIB.

Baca Juga: Berkunjung ke Lembah Tumpang Resort, Tempat Candi Borobudur dan Gito Bersatu

Desa Wisata Ketingan

Saat mengunjungi desa ini Anda akan melihat hewan yang belum tentu ada di tempat lain yakni burung kuntul, kawasan tersebut menjadi pilihan singgah bagi ribuan unggas yang sudah muncul sejak akhir tahun 90an. Di sini pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti membajak sawah dengan kerbau dan beternak sapi. Lokasinya terletak di Dusun Ketingan, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, DIY.

Populasi burung kuntul yang semakin banyak itu membuat wisatawan terpikat akan pesonanya. Tak banyak dari mereka berkunjung hanya untuk mengamati hewan itu. Anda juga dapat menginap di Desa Wisata Ketingan sembari mengikuti kegiatan warga atupun menyaksikan tradisi khasnya.

Agar tidak kehilangan momen, cobalah datang pada pagi atau sore hari saat burung-burung kuntul ini sedang mencari makan di sawah dan pulang ke sarang. Jam operasional wisata dibuka selama 24 jam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini