Studio Alam Gamplong, Wisata Tema Kolosal di Yogyakarta

Salsabila Jihan, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 408 2335594 studio-alam-gamplong-wisata-tema-kolosal-di-yogyakarta-rncANzhu7V.jpg Pengunjung Gamplong Studio. (Foto: Gamplong Studio)

YOGYAKARTA kerap kali dijadikan tempat untuk pengambilan gambar film-film layar lebar Indonesia maupun film-film lokal. Salah satu tempat yang dijadikan untuk pengambilan gambar di Yogyakarta adalah Studio Alam Gamplong.

Studio Alam Gamplong merupakan salah satu deretan destinasi wisata di Sleman, Yogyakarta yang memiliki banyak spot foto menarik.

Studio yang mulai beroperasi pada awal 2018 ini seringkali dijadikan tempat syuting yang berlatar di era 1600-an hingga 2000-an atau juga yang bertema tradisional zaman dahulu.

Baca Juga: Libur Tahun Baru di Yogyakarta, Yuk Jalan-Jalan ke 5 Desa Wisata Paling Asri

Popularitas Studio Alam Gamplong ini semakin meningkat sejak diketahui sebagai lokasi pengambilan gambar untuk film ternama Indonesia, Bumi Manusia, Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta, dan Habibie Ainun 3.

 gamplong

"Gamplong Studio Adalah wujud dedikasi Dapur Film (Hanung Bramantyo) cita-cita lama untuk mempunyai sumbangsih di indonesia untuk meningkatkan potensi dan perekonomian daerah khususnya di kota kelahirannya," tulis keterangan laman Instagram @gamplong_studio.

Setelah itu, mendapatkan dukungan penuh oleh jajaran pemerintah dari tingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga pemerintah pusat, bahkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Studio yang beralamat di Jalan Gamplong No.1, Sumberrahayu Moyudan Sleman, Yogyakarta ini disebut sebagai "Hollywood-nya Yogyakarta".

Walaupun pada awalnya digunakan sebagai studio untuk pengambilan gambar, para pengunjung yang datang kini bisa berfoto-foto ria dan berwisata edukasi di area Studio Alam Gamplong ini.

Baca Juga: Ada Kasus Virus Corona Baru, Jepang Larang Wisatawan Masuk

Misalnya ada set syuting film Habibie dan Ainun 3, rumah Nyai Ontosoroh dan Annelies dalam film Bumi Manusia. Bangunan yang dijadikan set pengambilan gambar lainnya yang tentunya estetik banget!

Studio ini buka pukul 08.00 - 17.00 dan tutup setiap Senin. Karena masih adanya kasus Covid-19, para pengunjung diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Bila melanggar, petugas akan melakukan teguran ataupun mengenakan denda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini