Taman Gandrung Terakota, Tujuan Destinasi Akhir Tahun di Banyuwangi

Chotimah, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 05:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 408 2335599 taman-gandrung-terakota-tujuan-destinasi-akhir-tahun-di-banyuwangi-lrF1eycATe.jpg Penari Gandrung. (Foto: Instagram @gandrung.terakota)

SUDAH memiliki list destinasi untuk liburan akhir tahun? Jika belum, tak ada salahnya berkunjung ke salah satu objek wisata menarik di Banyuwangi, yakni Taman Gandrung Terakota.

Tempat ini menawarkan seribu patung penari gandrung yang berjejer di area persawahan. Di sana Anda juga bisa mengenal Tari Gandrung lebih jauh lagi.

Taman Gandrung Terakota merupakan situs seribu patung tembikar (terakota) yang terletak di hamparan sawah, patung-patung tersebut seakan sedang menarikan tarian tradisional Banyuwangi yaitu Tari Gandrung.

Baca Juga: Libur Tahun Baru di Yogyakarta, Yuk Jalan-Jalan ke 5 Desa Wisata Paling Asri

gandrung

(Instagram yuwan yuca)

Tarian ini menjadi ikon sebagai pembuka acara dalam kegiatan perayaan warga Banyuwangi. Tak terkecuali, objek wisata ini akan mempresentasikan budaya serta keindahan alam sekitar untuk wisatawan.

Terdapat sekira 1.000 patung penari yang bisa terlihat di setiap sudut pinggiran sawah, sehingga keberadaan patung seakan menyatu dengan alam. Ditambah panorama bukit hijau menambah suasana semakin sejuk.

Tempat ini sebagai wisata yang menarik perhatian banyak pengunjung, karena tak jarang Anda bisa belajar budaya sambil menikmati pesona alam Kota Banyuwangi.

Tak hanya deretan patung, wisata ini menyediakan spot menawan yakni berlatar belakang Gunung Ijen yang memiliki ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut (mdpl). Selain itu, Anda juga akan menemukan kebun kopi, pohon durian, beraneka jenis jambu dan tanaman.

“Kalau ke Banyuwangi sempatkan datang ke Taman Gandrung Terakota. Enggak cuman lihat patung-patung penari gandrung kok, di sini ada view persawahan terasering dengan latar pegunungan, bagus banget, “ tulis akun Instagram @yuwanyuca, dikutip Okezone.

Baca Juga: UI Dorong Pengembangan Kota Tua sebagai Destinasi Warisan Budaya

Sementara, di tengah Taman Gandrung Terakota ada amfiteater yaitu panggung besar yang biasanya digunakan sebagai tempat mengadakan berbagai acara pertunjukan. Saat akhir pekan tiba, pengelola akan memberikan pementasan tari gandrung kepada wisatawan yang datang.

“Setiap akhir pekan (Sabtu dan Minggu), jangan lupa untuk saksikan tari gandrung. Sesuai namanya, itu artinya berkisah tentang terpesonanya masyarakat Blambangan (Banyuwangi) kepada Dewi Padi, Dewi Sri yang membawa kesejahteraan bagi rakyat," tulis akun resmi @gandrung.terakota, dikutip Okezone.

Akses menuju Taman Gandrung Terakota terbilang cukup mudah. Dari Kota Banyuwangi hanya menempuh jarak sekitar 17 kilometer. Berlokasi di kawasan Jiwa Jawa Ijen Resort, tepatnya di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Biaya masuk dibanderol seharga Rp10.000, Anda sudah bisa melihat ribuan patung gandrung yang tersebar di kawasan ini. Pengunjung juga dapat menikmati kopi atau cokelat khas Ijen di kafe yang tersedia. Mulai buka pukul 08.00-17.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini