Sambangi Lumban Bulbul, Menparekraf Sandiaga Uno Main Kano dan Belanja Selendang Batak

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2020 09:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 31 406 2336768 menparekraf-sandiaga-uno-asyik-main-kano-di-desa-wisata-lumban-bulbul-COMf5FOnR1.jpg Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Lumban Bulbul di Balige, Kabupaten Toba Samosir. Menparekraf Sandiaga Uno malah asyik main kano bersama wisatawan lain di sana.

Desa wisata Lumban Bulbul memang unik. Walau terletak di tepian danau, pantai ini memiliki pasir putih terhampar layaknya pantai di tepian laut. Sehingga menjadi salah satu destinasi favorit di Kabupaten Toba Samosir.

Menparekraf Sandiaga Uno nyeker dan bermain kano bersama wisatawan. Meskipun masih mengenakan pakaian batik, hal itu tak menyurutkan niatnya, yang juga hobi olahraga itu untuk bermain kano.

 Sandiaga

“Tidak lengkap rasanya ke Danau Toba bila tidak merasakan airnya dan merasakan atraksi di sini. Ide saya, ini cocok untuk sport tourism setelah itu saya melihat event yang cocok adalah triathlon, sepeda, dan lomba lari lantaran, jalannya bagus,” katanya lewat keterangan resminya.

Sebelum pulang, Menparekraf Sandiaga Uno membeli selendang Batak. Ia sengaja membeli sebagai kenang-kenangan.

Setelah meninggalkan Pantai Lumban Bulbul, Menparekraf Sandiaga Uno langsung meninjau Kaldera Toba di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba. Di sana Menparekraf Sandiaga Uno menikmati alam yang ada di kaldera tersebut.

Kunjungan kerja Menparekraf itu didampingi empat bupati di kawasan Danau Toba. Ia juga meninjau Pelabuhan Ferry Ajibata untuk melihat wisata yang berdekatan dengan Kabupaten Samosir.

Di sana, Sandiaga Uno menyapa para panumpang kapal ferry ikan yang mau menuju ke Samosir.

Mantan Wakil Wali Kota DKI Jakarta itu mengatakan, desa wisata ini adalah pilar dari pengelolaan pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan. Bukan hanya pariwisata, sisi ekonomi kreatif juga perlu didorong secara beriringan untuk dapat segera bangkit pascapandemi.

“Saya ingin hal itu beriringan dan berkembang bersama-sama para pelaku usaha yang ada di sini. Untuk memberikan peluang bangkitnya ekonomi kita ke depan. Desa Lumban Bul Bul ini salah satu desa yang mudah-mudahan bisa menjadi contoh desa wisata lainnya,” tambahnya.

Lumban

Saat berkunjung di masa pandemi Covid-19, Menparekraf Sandiaga juga mengingatkan para pelaku pariwisata untuk bersama-sama menerapkan protokol kesehatan. Setelah pandemi usai, ia berharap wisatawan mancanegara atau wisatawan nusantara juga bisa merasakan keindahan alam Danau Toba ini.

“Paling penting, kedisiplinan penerapan protokol kesehatan K4 Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, dan Kelestarian Lingkungan atau CHSE harus dilaksanakan dengan ketat, agar pariwisata dan ekonomi kreatif bisa segera bangkit bersama,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini